Thursday, April 25, 2024
promo shopee
HomeWisataJalur Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum Blitar

Jalur Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum Blitar

Melakukan pendakian ke Gunung Kelud melalui jalur Karangrejo Garum menjadi pilihan bagi para pecinta alam. Gunung Kelud, yang berada di batas Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang di Jawa Timur, menawarkan keindahan alam setelah letusan pada tahun 2014. Meski infrastruktur wisata sempat rusak, Gunung Kelud tidak kehilangan daya tariknya.

Jalur pendakian ke Gunung Kelud dari Blitar ada dua, yaitu

  • Jalur Pendakian Karangrejo
  • Jalur Pendakian Tulungrejo

Pada kesempatan ini, Info Blitar ingin berbagi informasi seputar pendakian gunung kelud via karangrejo garum Blitar yang bisa kamu coba. Jalur pendakian ini cocok untuk pemula, bahkan anda tidak harus menginap untuk mencoba jalur ini.

Rute Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum

Adapun rute pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum ini adalah sebagai berikut ini

  • Dari Kota Blitar menuju ke Desa Karangrejo, Garum, Kab. Blitar
  • Dari Desa, ambil arah ke utara sampai Pos Pendakian Gunung Kelud
  • Pos Pendakian menuju ke Pos 1
  • Pos 1 menuju ke Pos 2
  • Pos 2 menuju ke Pos 3
  • Pos 3 menuju ke Pos 4
  • Pos 4 menuju ke Puncak Botak
  • Puncak Botak menuju ke Lembah Jotho Suro
  • Menuju Puncak Gunung Kelud

Durasi Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo

Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo normalnya membutuhkan waktu sekitar 3 – 6 jam. Tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki. Berikut perkiraan durasi dan kondisi perjalanan menuju ke Puncak Gunung Kelud

Menuju ke Pos Pendakian

Perjalanan dari Kota Blitar menuju ke pos pendakian membutuhkan waktu sekitar 30 – 40 menit. Kondisi jalan bisa dibilang masih mudah sampai ke desa Karangrejo. Namun menuju ke pos pendakian, jalan didominasi tanah liat dan makadam. Akses jalan akan semakin sulit apabila kondisi jalan basah terkena hujan.

Pos Pendakian ke Pos 1

Perjalanan dari Pos Pendakian dimana kita memarkir kendaraan menuju ke Pos 1 membutuhkan waktu sekitar 10 – 20 menit dengan kondisi jalan yang cukup menanjak dan panjang. Pepohonan di jalur ini cukup rindang sehingga anda tidak akan kepanasan meski melakukan pendakian di siang hari.

Pos 1 ke Pos 2

Perjalanan dari Pos 1 menuju ke Pos 2 cenderung landai. Tidak ada tanjakan yang cukup berarti dalam etape ini. Pepohonan masih cukup rindang di pinggir jalan yang bisa dibilang cukup luas. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan etape ini sekitar 10 menit saja.

Pos 2 ke Pos 3

Kondisi jalan tidak jauh berbeda dari etape sebelumnya. Jalan yang lebar dengan pepohonan rindang yang melindungi diri dari sinar matahari membuat perjalanan di siang hari cukup nyaman. Butuh waktu sekitar 10 menitan untuk menyelesaikan etape ini

Pos 3 ke Pos 4

Perjalanan dari Pos 3 menuju ke Pos 4. Sudah ada perubahan vegetasi yang tadinya didominasi pepohonan besar nan rindang, di etape ini pepohonan besar sudah tidak selebat sebelumnya. Vegetasi di etape ini didominasi semak belukar dan jalan yang semakin sempit. Sudah mulai ada turunan dan tanjakan yang lumayan. Butuh waktu 10 – 20 menit untuk menyelesaikan etape ini

Pos 4 ke Puncak Botak

Pos 4 ke Puncak Botak ini merupakan jalur paling ekstrim di pendakian gunung kelud via Karangrejo. Jalan sempit, vegetasi yang mulai jarang dan didominasi semak belukar dengan kondisi jalan yang terus menerus menanjak.

Setidaknya ada 3 tangga besi yang tersedia untuk mempermudah pendaki melewati jalur menanjak yang vertikal. Perjalanan di jalur ini bisa berlangsung lama apabila pendaki tidak memiliki kekuatan fisik yang memadai. Bisa sekitar 30 menit – 2 jam untuk bisa menyelesaikan etape ini.

Puncak botak hanya memiliki beberapa vegetasi semak dan didominasi bebatuan dan pasir. Ini yang menyebabkannya puncak bayangan ini disebut puncak botak karena hampir tidak ada tanaman sama sekali di sini.

Bukit Pasir Jenggolo Manik / Lembah Jotho Suro

Lembah Jotho Suro. Foto Jelajah Blitar

Dari puncak botak, pendaki turun menuju ke lembah jotho suro, kemudian melewati jalan bebatuan menuju ke arah puncak. Jalur yang panjang dan mendaki ini memiliki pemandangan yang indah. Jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan rute ini. Butuh waktu sekitar 10 – 30 menit untuk menyelesaikan etape ini

Menuju Puncak

Selepas lembah jotho suro, perjalanan menuju puncak adalah mendaki bebatuan. Ada beberapa tali tambang yang akan membantu perjalanan pendaki untuk menuju ke puncak. Tidak ada vegetasi selain lumut di beberapa titik. Perjalanan di etape ini sekitar 20 – 30 menit.

Puncak Lembu Suro 1731 mdpl Gunung Kelud

Puncak Gunung Kelud. Foto Jelajah Blitar

Puncak Lembu Suro yang terletak di 1731 mdpl Gunung Kelud. Anda bisa melihat kondisi kawah gunung kelud terkini dari sini. Puncak Gunung Kelud tidak terlalu luas, pendaki diharap untuk berhati-hati ketika di puncak. Selain itu anda juga bisa melihat jalur pendakian yang sudah anda lewati untuk menuju ke puncak

Perjalanan Turun

Perjalanan turun dari Gunung Kelud menuju ke pos pendakian tempat parkir kendaraan membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam. Tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki.

Video Pendakian Gunung Kelud

Persiapan Sebelum Pendakian

Sebelum memulai pendakian gunung kelud via karangrjeo garum, anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini

Persiapan Fisik

Mendaki gunung membutuhkan stamina dan kekuatan fisik yang baik. Jadi, sebelum pendakian, pastikan Anda melakukan latihan fisik yang cukup, seperti jogging, senam, atau olahraga lainnya.

Periksa Kondisi Cuaca

Gunung Kelud berada di area tropis di mana cuaca bisa berubah dengan cepat. Sebelum pendakian, periksa perkiraan cuaca dan pastikan tidak ada badai atau cuaca buruk yang diprediksi.

Perbekalan

Bawa makanan ringan maupun berat dan cukup air minum. Tidak ada penjual dan sumber mata air yang melimpah di jalur ini. Membawa perbekalan merupakan salah satu kunci untuk survive di gunung.

Perlengkapan

Gunakan sepatu trekking yang nyaman dan tahan lama. Pakailah pakaian yang sesuai dengan cuaca gunung. Juga, jangan lupa membawa jaket hujan atau ponco untuk berjaga-jaga jika hujan.

Tinggalkan Tidak Ada Jejak

Prinsip pendakian yang paling penting adalah “Leave No Trace” atau “Tidak Meninggalkan Jejak”. Jadi, bawa kembali semua sampah Anda dan jangan merusak lingkungan di sekitar.

Cek Kondisi Kesehatan

Sebelum berangkat, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan yang mungkin mempengaruhi pendakian Anda. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan pendakian.

Pemandu Lokal

Pertimbangkan untuk menyewa pemandu lokal. Mereka biasanya mengetahui jalur terbaik dan dapat membantu jika terjadi masalah. Mendaki Gunung Kelud adalah pengalaman yang luar biasa, tapi jangan lupa, keselamatan adalah prioritas utama. Selalu siapkan diri Anda dan ikuti semua petunjuk dan aturan yang ada.

Komentar
RELATED ARTICLES

Pantai Pangi

Pantai Pasur

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular