Thursday, April 25, 2024
promo shopee
HomeWisataSejuknya Wisata Alam Telaga Pacuh / Paco di Penataran

Sejuknya Wisata Alam Telaga Pacuh / Paco di Penataran

Pernah mendengar tentang Telaga Pacuh di Blitar? Jika selama ini Telaga Rambut Monte yang sering menyita perhatian, kini saatnya kita berkenalan dengan tempat menarik lainnya, yaitu Telaga Pacuh yang terletak di daerah Penataran, Kabupaten Blitar.

Telaga ini bukanlah tempat baru, karena sudah ada sejak lama dan mulai dikembangkan menjadi objek wisata pada tahun 2011 oleh PT. Perkebunan Nusantara XII. Telaga Pacuh memiliki area seluas kurang lebih 5,21 hektar dan dikelilingi oleh hutan lindung serta pohon-pohon karet tua yang menambah keasriannya.

Lokasi

Sejuknya Wisata Alam Telaga Pacuh / Paco di Penataran 1
Blumbang Pacuh. Foto Asfa

Telaga ini terletak di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya strategis, berada di dekat Candi Penataran dan Kebun Kopi Karanganyar. Untuk menuju ke telaga ini, Anda dapat mengarahkan kendaraan dari Kota Blitar ke Candi Penataran.

Di pertigaan sebelum pintu masuk kawasan wisata, beloklah ke kanan. Lokasi Telaga Pacuh berada di sebelah kiri jalan. Namun, harap berhati-hati karena ada beberapa bagian jalan yang rusak.

Tiket Masuk

Sejauh ini, tidak ada informasi resmi mengenai harga tiket masuk. Anda hanya perlu membayar parkir apabila mengunjungi telaga ini.

Wahana yang Tersedia

Meski Telaga Pacuh bukanlah tempat wisata yang memiliki banyak wahana, namun keindahan alamnya cukup untuk memanjakan mata. Di area depan, Anda akan disambut oleh pohon-pohon karet raksasa dan gazebo untuk bersantai. Ada juga tangga yang mengarah ke area Telaga Pacuh. Telaga ini dikelilingi oleh taman yang indah, gazebo, kolam ikan, rumah kayu, dan jembatan bambu.

Selain itu beberapa wahana baru seperti perahu karet dan bebek apung juga tersedia di wahana ini. Anda bisa menyewa perahu karet kecil kapasitas dua orang dengan harga 10ribu. Sedangkan perahu besar kapasitas 4 orang disewakan dengan harga 15 ribu.

Meski biasanya banyak orang yang memancing di Telaga Pacuh, namun untuk saat ini belum boleh dipancingi karena dalam proses pengembangan destinasi wisata.

Tips Berkunjung

  1. Lokasi dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.
  2. Jika ingin memancing, bawalah alat pancing sendiri. Namun untuk saat ini memancing di area telaga masih belum diperbolehkan
  3. Dianjurkan untuk tidak berenang di area telaga.
  4. Hormati keindahan alam dengan tidak merusak taman dan tanaman.
  5. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  6. Area ini cenderung sepi di luar hari libur, jadi jagalah perilaku saat berada di sana.
  7. Hindari vandalisme dan selalu hargai lingkungan.

Wisata Dekat Telaga Pacuh

Jika Anda ingin memanfaatkan waktu kunjungan dengan lebih optimal, Anda bisa mampir ke wisata terdekat seperti Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan yang berada tidak jauh dari Telaga Pacuh. Itulah ulasan tentang Telaga Pacuh yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berwisata di Blitar. Selamat berlibur!

Komentar
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular