Jamasan kyai Bonto di Kebonsari Kademangan

0
75
Jamasan Kyai Bonto

Info Blitar – Rangkaian kegiatan Jamasan Kyai Bonto di Dsn. Pakel, Ds. Kebonsari, Kec. Kademangan dilaksanakan mulai hari Minggu 10 November 2019 sampai dengan 11 November 2019.

Hari Minggu acara dihadiri oleh Rijanto, Bupati Blitar yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Acara kesenian Turonggo Sakti sampai pukul 24.00, sedangkan di rumah penyimpanan wayang krucil ada acara tirakatan untuk menyambut jamasan keesokan harinya.

Jamasan Mbah Bonto dimulai pukul 09.00 WIB. Wayang krucil kyai Bonto diarak menuju makam Raden Ayu Swartiningsih yang juga merupakan lokasi Jamasan. Ritual jamasan Kyai Bonto dilaksanakan tepat pukul 11.00 WIB. Masyarakat yang hadir mengalap berkah dengan meminta air bekas jamasan tersebut.

Setelah jamasan, acara dilanjutkan dengan sedekah bumi yang berlangsung sampai pukul 13.00 WIB. Senin malam, acara dilanjutkan dengan wayangan semalam suntuk yang dihadiri oleh Dinas Porbudpar Kab. Blitar, Camat Kademangan, Muspi Kademangan, Camat Bakung, dan Camat Wonotirto

Jamasan Kyai Bonto merupakan salah satu event di Blitar yang rutin digelar seperti Siraman Gong Mbah Pradah yang ada di Lodoyo, Kab. Blitar

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.