Kampung Coklat Kupatan dengan Kirab Tumpeng Coklat

0
103
Tumpeng Ketupat
promo shopee

Meski masih pandemi pemerintah sudah mulai melonggarkan berbagai aturan salah satunya adalah larangan untuk mudik. Hal ini tidak lepas dari peran masyarakat yang menyukseskan program vaksinasi nasional. Sehingga masyarakat bisa lebih longgar dalam beraktivitas.

Kupatan merupakan salah satu tradisi unik yang mudah ditemui di kawasan Blitar, Tulungagung, Kediri, Trenggalek dan sekitarnya pada lebaran + 7 hari. Ada banyak cara untuk merayakan kupatan ini, salah satunya acara kupatan yang dilaksanakan di Kampung Coklat, Ds. Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar pada hari ini (8/5)

Acara kupatan di kampung coklat tentunya berbeda dengan daerah-daerah lain, karena ketupat dimasak menggunakan campuran bubuk coklat kemudian disusun dalam bentuk tumpeng kemudian di arak dari pintu 2 Kampung Coklat menuju Pintu 1 Kampung Coklat. Tidak lupa iringan sholawat juga dilantunkan selama proses kirab tumpengan ketupat coklat ini. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 1800 ketupat coklat yang bisa dinikmati oleh pengunjung kampung coklat setelah acara ini berlangsung.

Marketing Kampung Coklat Edi memaparkan bahwa acara ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Namun sempat vakum selama 2 tahun untuk karena pandemi, sehingga hanya dilakukan di kalangan internal Kampung Coklat saja.

Edi berharap acara ini bisa konsisten terlaksana tiap tahun, bisa lebih besar dan meriah setiap tahunnya.

Sindi, salah satu pengunjung merasa terkesan dengan adanya event tahunan kirab tumpeng ketupat ini, “Tujuan awalnya hanya untuk berlibur tetapi malah bisa mendapatkan pengalaman unik mengikuti acara kirab tumpeng ketupat yang merupakan even tahunan warga sekitar. saya juga bisa merasakan ketupat coklat beserta lauk-pauknya dalam rangka kupatan ini”

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePemadaman Listrik Kamis, 21 April 2022 di Blitar
Next articleBagaimana Arti Sebuah Konstitusi ?