Penerangan Jalan menggunakan Panel Surya

0
98
Lentera Desa
Lentera Desa

Info Blitar –¬†Aktivitas di Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Pada tanggal 24 September yang lalu ada yang berbeda dari biasanya. Tiba-tiba ada pemuda-pemuda yang membawa panel surya di balai desa. Ternyata panel surya tersebut dibawa khusus oleh Lentera Desa untuk mengedukasi masyarakat disana. Lentera Desa adalah Program pengabdian masyarakat yang berkelanjutan dan terprogram , dan berbasis teknologi. “Penerangan Jalan menggunakan Panel Surya”. Pelatihan pemasangan dan sosialisasi cara perawatan Penerangan jalan umum berbasis free energi telah selesai dilaksanakan.

Antusias Karang Taruna Tunas Muda Desa Sukoramme terbilang tinggi. Terlihat dari jumlah karang taruna yang mengikuti kegiatan ini sekitar 20 orang dan tidak hanya sekedar mengedukasi saja namun dilakukan pemasangan panel surya untuk digunakan sebagai penerangan jalan dan dilakukan secara bersama-sama.Kegiatan ini juga di hadiri oleh perwakilan dari Dinas Sosial kab. Blitar, Dinas Pekerjaan Umum kab. Blitar, Camat kecamatan Binangun, dan Kepala Desa Sukorame.

Baca juga  Pencuri Sepeda Motor Warga Babadan Wlingi Tertangkap

Kenno Roby Pradana selaku pembicara dalam acara ini mengatakan bahwa teknologi energi terbarukan sama dengan mengurangi dampak dari dampak global warming. “Dengan adanya teknologi energi terbarukan sama dengan suatu negara mengurangi dampak global warming” papar Kenno, Founder Trike, kursi roda listrik untuk penyandang tunadaksa.

Senada dengan Kenno, M. Chainnul Fuad yang merupakan pembicara kedua mengatakan “tanpa menggunakan energi listrik PLN suatu desa dapat menerangi desanya dengan mandiri tanpa bergantung pada PLN” kata fuad yang merupakan member Lab Factory Automation T. Elektro Industri PENS.

Sedangkan menurut Ribut Wahyudi yang merupakan founder lentera desa berkeinginan dengan adanya aktivitas ini bisa memberdayakan pemuda desa melalui karang taruna. Selain itu pemasangan solar sel ini juga berangkat dari keinginannya untuk mengenalkan teknologi terbarukan kepada masyarakat karena Blitar masih minim untuk pemakaian solar sel. “Di Blitar ini masih awam tentang panel surya” tutup Ribut.