Sahabat Menanam Peringati Hari Pohon dengan Menanam Buah Buahan di DAS Brantas

0
214
Menanam di Hari Pohon
Menanam di Hari Pohon. Dokumentasi Sahabat Menanam

Info Blitar –¬†Sahabat Menanam masih konsisten dalam upaya – upaya penyehatan mutu lingkungan khususnya di Hutan Lindung, Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Sumber Mata Air. Seperti yang kita rasakan sekarang dampak perubahan iklim karena banyaknya hutan yang seharusnya menjadi penyeimbang iklim di Bumi banyak berubah fungsi menjadi permukiman, perkebunan dan tambang. Hal itu membuat semakin banyaknya kejadian bencana alam akhir-akhir ini seperti Banjir, Tanah Longsor dan tidak menentunya musim penghujan. Untuk itu pada peringatan Hari Pohon yang tepat jatuh pada tanggal 21 November Sahabat Menanam bersama Dinas Lingkungan Hidup Kan. Blitar, Perum Perhutani KPH Blitar, Perum Jasa Tirta 1, Pokmaswas ‘Mutiara Brantas’, Pokmaswas ‘Satrya Bengawan’ Karang Taruna ‘Pandan Wangi’, Pramuka SMAN 1 Sutojayan dan Jelajah Blitar melakukan penanaman bersama di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Kelurahan Kembangarum-Sutojayan.

Bapak Krisna Triatmanto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar pada kesempatan memberikan motivasi kepada peserta kegiatan menyampaikan “Minimal setiap orang menanam 25 pohon sampai besar sepanjang hidupnya akan membuat Bumi ini kembali lestari dan memberikan manfaat bagi lingkungan”, selain itu beliau juga menyampaikan tentang Gerakan bersama masyarakat Blitar untuk menanam yaitu Gerakan Blitar Menanam yang saat ini sudah menjadi Peraturan Bupati (Perbub) sebagai wujud komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar dalam upaya penyehatan Lingkungan.

Pada kegiatan tersebut tidak banyak yg ditanam hanya sekitar 200 pohon dari jenis Buah (Nangka, Durian, Jambu Mete, Sukun dan Mangga) serta jenis perindang/pelindung (Beringin dan Saman). Seperti prinsip Sahabat Menanam, “Bukan Kuantitas yang utama tapi kwalitas kehidupan tanaman” karena Menanam itu mudah memastikannya hidup itu yang sulit. Semoga kegiatan penanaman bersama kemarin dapat menjadi titik awal upaya – upaya penyehatan lingkungan di DAS Brantas dan kedepannya akan banyak Masyarakat Blitar yang beraktifitas sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi di Sepanjang DAS Brantas.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.