Situs Rujukan Info Corona

0
692
COVID-19

Info Blitar – Kini masyarakat bisa dengan mudah memantau penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia. Info Blitar telah menghimpun beberapa situs terpercaya yang bisa menjadi rujukan masyarakat untuk mengetahui perkembangan virus corona yang saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia.

covid19.go.id

covid19.go.id merupakan situs resmi dari pemerintah pusat yang dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk penanggulangan COVID-19 yang di dalamnya terdiri dari Pemerintah, Badan Internasional, Mitra Pembangunan Internasional, Organisasi Masyarakat Sipil dan Dunia Usaha.

“Kementerian Kominfo telah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi, bahwa akses data situs resmi Pemerintah RI tentang Covid-19 www.covid19.go.id digratiskan dimulai tanggal 23 Maret 2020,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate.

Adapun fitur yang tersedia di situs ini diantaranya

  • Data penyebaran corona di seluruh dunia
  • Data penyebaran corona di Indonesia
  • Tanya Jawab seputar corona
  • Hoaks Buster untuk menangkal hoaks yang bereda di masyarakat
  • Materi edukasi untuk penanganan virus corona yang bisa disebarluaskan

kawalcovid19.id

Kawalcovid19.id merupakan situs yang diluncurkan oleh relawan kawalpemilu untuk memberikan informasi akurat seputar COVID-19 di Indonesia. Adapun isi situs ini adalah

  • Informasi – Kurasi dan analisis atas informasi yang beredar (news explainer / newsplainer), dengan mengedepankan hanya poin-poin yang berdasarkan bukti dan fakta, bukan hipotesis, opini atau dugaan.
  • Verifikasi – Membantah kabar burung, mengklarifikasi informasi yang simpang siur dan memberikan penjelasan yang lugas. Untuk fungsi verifikasi, KawalCOVID19 bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Indonesia (Mafindo).
  • Edukasi – Menyampaikan ke publik hal-hal yang perlu dan bisa dilakukan, hal-hal yang perlu dihindari, serta tips-tips kesehatan lain yang mudah diaplikasikan oleh setiap orang dan kelompok masyarakat, seperti di sekolah, tempat kerja, rumah makan dan tempat-tempat umum.

Selain itu masyarakat juga bisa mengetahui jumlah kasus di Indonesia saat ini lengkap dengan statistik harian. Selain itu juga terdapat aplikasi android yang bisa digunakan untuk memantau berita terkini tentang COVID-19 di Indonesia.

Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU)

Berisi informasi tentang pesebaran virus corona di seluruh dunia yang dilakukan oleh CSSE di John Hopkins University. Saat berita ini diturunkan sudah ada sekitar 160 negara yang terjangkit oleh virus Corona ini. Situsnya bisa dibuka di sini.

checkupcovid19.jatimprov.go.id

Merupakan situs yang disediakan oleh pemerintah jawa timur untuk membantu masyarakat melakukan pemeriksaan mandiri untuk bisa mendeteksi virus corona lebih dini. Beserta informasi rujukan rumah sakit yang dapat menangani pasien suspect COVID-19

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.