Baca Ketentuan Ini Sebelum Donor Darah

0
110
Ilustrasi donor darah. Sumber: infopublik id
Ilustrasi donor darah. Sumber: infopublik id

Info Blitar – Siapakah di antara kalian yang pernah melakukan donor darah? Belum pernah ya? Donor darah itu perlu dilakukan 4-5 bulan sekali lho.

Selain bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan pasokan darah, dikutip dari situs HaloDoc.com manfaat donor darah itu cukup banyak diantaranya: donor darah dapat menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar; meningkatkan produksi sel darah merah; memperpanjang usia; dan dapat mengetahui kondisi kesehatan.

Nah, sebelum donor darah alangkah baiknya Anda memperhatikan ketentuan berikut ini:

  1. Usia pendonor darah minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Ohiya, bagi Anda yang usianya baru menginjak 17 tahun diperbolehkan menjadi pendonor apabila mendapat izin tertulis dari orangtua)
  2. Berat badan pendonor darah minimal 45 kg
  3. Temperatur tubuh pun harus berada di kisaran minimal 36,6 dan maksimal 37,5 derajat celcius.
  4. Tekanan darah yang disarankan adalah sistole 110-160 mmHg, sedangkan diastole 70-100 mmHg
  5. Untuk denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  6. Untuk perempuan, hemoglobin pada darah minimal 12 gram. Sedangkan untuk laki-laki, hemoglobin pada darah minimal 12,5 gram.
  7. Donor darah ini bisa dilakukan sekurang-kurangnya 3 bulan sekali, jadi tidak disarankan untuk sering melakukan donor darah.
  8. Calon pendonor darag dapat mengambil dan menandatagani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan sebelum donor darah, serta mengecek lebih lanjut kondisi berat badan, Hemoglobin, golongan darah yang dilakukan oleh petugas PMI atau Unit Donor Darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here