Diskusi Online Dampak Pandemi pada Sektor Ekonomi dan Industri oleh Universitas Islam Balitar

0
32

Hingga tahun 2021, pandemi Covid-19 belum berakhir. Hampir seluruh kehidupan masyarakat dunia berubah total. Berbagai sektor terdampak pandemi, termasuk sektor ekonomi dan perindustrian.


Efek dari berimbasnya pandemi ke sektor perekonomian dan industri ini bisa kita lihat secara langsung di sekitar kita, tidak sedikit pelaku usaha yang gulung tikar, mulai dari tingkat UMKM hingga industri skala besar. Para pelaku usaha ini mengeluhkan penurunan pemasukan yang dialami selama beberapa bulan terakhir. Namun, sebagai pelaku usaha tidak boleh tumbang ditengah maraknya penyebaran virus corona. Berakhirnya pandemi Covid-19 belum ada yang tahu, sehingga para pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan gaya hidup yang baru atau dikenal dengan era New Normal.


Menghadapi era New Normal, para pelaku usaha saat ini harus memperhatikan indikator yang paling utama yaitu protokol kesehatan. Selain faktor protokol kesehatan yang harus diutamakan, para pelaku usaha kini dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara online atau berdiskusi online dengan para praktisi bisnis. Hal ini bermanfaat bagi pelaku usaha untuk mengupgrade kemampuan dan mengembangkan strategi dalam menghadapi era New Normal tapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Balitar.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta pelaku bisnis UMKM. Para peserta sangat berantusias karena pemateri dari kegiatan diskusi online tersebut adalah para dosen yang ahli dibidang bisnis. Ada 3 pemateri dalam kegiatan ini, yaitu Ibu Lu’lu Ul Maknunah, S.TP., MP, Ibu Riska Nindia Sari, S.T., M.AB, dan Bapak Anwar Hakim Darajat, S.Sos., MM.

Kegiatan diadakan pada hari Jumat pukul 10.30 WIB sampai pukul 13.00 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting. Diskusi online pada siang hari itu mengangkat judul “Strategi Mempertahankan Keberlangsungan Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”. Ketiga pemateri sepakat mengambil judul tersebut karena momentum di Indonesia yang sedang marak pemberitaan kebangkrutan bisnis dikarenakan pandemi Covid-19.


Diskusi online berjalan dengan lancar dan sesi diskusi pun diisi banyak pertanyaan dari beberapa peserta yang antusias ingin memetik banyak ilmu yang didapatkan untuk mengoptimalkan strategi bisnis pada masa pandemi. Terlebih lagi Ibu Riska Nindia Sari, S.T., M.AB, yang bukan hanya seorang dosen namun juga pelaku bisnis yang bergerak di bidang transportasi dan tentunya banyak ilmu maupun pengalaman dalam menjalankan bisnisnya selama pandemi Covid-19 yang bisa dibagikan. Selain itu, kegiatan diskusi online ini bermanfaat untuk para pelaku bisnis dalam mengembangkan ekonomi digital dan kreatif.

Dari kegiatan ini, diharapkan nantinya para pelaku usaha khususnya bisnis UMKM bisa bangkit kembali dari keterpurukan di masa pandemi Covid-19 dan mampu beradaptasi di era New Normal ini.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePemadaman Listrik Tanggal 23 November 2021 di Blitar
Next articleHotel Ilhami, Solusi Liburan Seru di Blitar