Kemapata Sukses Adakan Blitar Education Festival 2019

0
18

InfoBlitar – Keluarga Mahasiswa Panataran Blitar di Jember (KEMAPATA) beberapa waktu lalu mengadakan acara Blitar Education Festival (BEF) 2019. Rangkaian acara yang mengusung tema “Menguatkan Pendidikan Generasi Millenial Menuju Indonesia Emas” ini dilaksanakan sejak 7 Januari 2019 hingga 10 Februari 2019.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan wawasan pendidikan kepada masyarakat, memfasilitasi siswa-siswi untuk mengembangkan dirinya, memberikan wadah bagi pelajar se-Blitar Raya agar dapat menunjukkan bakat dan minatnya dalam bidang akademis dan non akademis, mengenalkan dunia perguruan tinggi bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK sederajat yang akan melanjutkan studinya, dan memberikan suatu acuan bagi siswa-siswa agar dapat memilih jurusan yang tepat serta memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA/MA/SMK sederajat agar dapat berusaha lebih keras dalam mencapai tujuan yaitu dapat melanjutkan di Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Sosialisasi Kampus Dan Kehidupan Mahasiswa di Jember

sosialisasi kampus
sosialisasi kampus

Rangkaian acara Blitar Education Festival 2019 diawali dengan kegiatan sosialisasi kampus di berbagai SMA/SMK/MA sederajat se-Blitar Raya pada tanggal 7-19 Januari 2019. Dalam kegiatan ini dipaparkan mengenai berbagai Perguruan Tinggi di Jember, seperti Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, dan IAIN Jember, beserta jurusan-jurusan yang terdapat pada masing-masing institusi tersebut. Tidak hanya itu, panitia BEF 2019 dan teman-teman anggota Kemapata juga menjelaskan tentang kehidupan di Jember, suasana perkuliahan, biaya hidup dan lain-lain.

Talkshow dan Campus Expo

Rangkaian acara kedua pada BEF 2019 adalah Talkshow dan Expo Campus yang diadakan pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2019. Tema yang diusung pada kegiatan talkshow adalah “Optimalisasi Peran Pendidikan Guna Membentuk Insan Gemilang” yang kemudian terbagi menjadi dua sub-tema. Kegiatan talkshow kali ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas mengenai sub-tema 1 “Peran Pendidikan untuk Mecapai Kesusksesan di Masa Mendatang” dengan narasumber Dr. Budi Elyas, M.Pd (dosen STIEKEN Blitar dan Pengawas pada Cabang Dinas Pendidikan Kab. Dan Kota Blitar) dan H. Wima Brahmantya, S.Si (Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kab. Blitar, Direktur Perkebunan PT. Harta Mulia, dan Manajer PSBI). Sesi Kedua membahas mengenai sub-tema 2 “Kupas Tuntas Jurusan Idaman” dengan narasumber Andika Putra Setiawan, S.T.P. (Alumnus Politeknik Negeri Jember, Mahasiswa S2 Universitas Brawijaya) dan Agus Adi Saputro (Mahasiswa jurusan Ilmu Komputer Universitas Jember, founder dan CTO ollebali.com).

Lomba Mewarnai Tingkat TK

Lomba Mewarnai Tingkat TK
Lomba Mewarnai Tingkat TK

Rangkaian acara ketiga pada BEF 2019 adalah Lomba Mewarnai tingkat TK sederajat yang diselengarakan pada tanggal 3 Februari 2019 di Pendopo Kantor Kabupaten Blitar. Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang peserta yang berasal dari berbagai TK dan RA di Kabupaten dan Kota Blitar. Juara 1 diraih oleh Alya Hawa Mustafida (TK Al-Hidayah Talun 1), Juara 2 diraih oleh Ahmad Abid Asyari (TK Zaid bin Tsabit Nglegok), dan Juara 3 diraih oleh M. Kalebyan Tawbenvel (TK Dharma Wanita Sawentar). Sedangkan Juara Harapan 1 diraih oleh Reyandra Cahya Denata (TK Dharma Wanita Kanigoro), Juara Harapan 2 diraih oleh Kenzie Tsaqif (RA Sunan Pandanaran Kanigoro), dan Juara Harapan 3 diraih oleh Eva Dinia Putri (TK Al-Hidayah Pasirharjo).

Futsal Cup Tingkat SMA

Rangkaian acara terakhir dari BEF 2019 adalah Futsal Cup tingkat SMA/SMK sederajat yang dilaksanakan pada tanggal 9-10 Februari 2019 di MHD Futsal Sidorejo, Ponggok. Kegiatan ini diikuti oleh 22 tim yang berasal dari 16 sekolah di Kabupaten dan Kota Blitar, antara lain: MAN 3 Blitar (2 tim), SMAN 1 Sutojayan (2 tim), SMAN 3 Blitar (1 tim), SMAN 1 Srengat (1 tim), SMKN 1 Blitar (1 tim), SMK Islam 1 Blitar (2 tim), MA Ma’arif Udanawu (2 tim), MAN 2 Blitar (1 tim), SMKN 1 Udanawu (1 tim), SMAN 1 Garum (1 tim), SMKN 1 Nglegok (1 tim), SMAN 4 Blitar (2 tim), SMAN 1 Ponggok (1 tim), SMAN 1 Talun (2 tim), SMAN 1 Blitar (1 tim), dan SMK Katolik Santo Yusup (1 tim). Tim futsal dari SMAN 1 Srengat berhasil mengukuhkan diri sebagai juara 1 setelah mengalahkan tim futsal SMAN 1 Blitar pada babak final dengan skor 3-2. Sedangkan pada perebutan juara ketiga tim futsal dari SMAN 1 Talun berhasil mengalahkan tim futsal MA Ma’ari Udanawu dengan skor 1-0. Arko Surya dari tim futsal SMAN 1 Blitar berhasil menjadi Top Scorer atas torehan 6 gol selama turnamen. Sedangkan nominasi Most Valuable Player (MVP) berhasil diraih oleh Theofanus dari tim futsal SMAN 1 Talun.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.