Layanan Tes GeNose C19 di Stasiun Blitar

0
316

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan transportasi kereta api, layanan GeNose C19 kini hadir di 44 stasiun, salah satunya Stasiun Kereta Api Blitar. Layanan ini tersedia mulai tanggal 30 Maret 2021 mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB dengan antrean kondisional.

GeNose C19 merupakan salah satu alternatif pemeriksaan Covid 19 selain rapid test antigen sebagai syarat melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan transportasi kereta api. GeNose C19 dinilai lebih murah dan juga menggunakan metode pengetesan yang lebih nyaman. Masa berlaku GeNose C19 adalah 3×24 jam setelah pemeriksaan. Penumpang kereta jarak jauh dihimbau melakukan tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan karena mempertimbangkan waktu antrean.

Tarif pemeriksaan geNose C19 saat ini di stasiun sebesar Rp30.000/calon penumpang. Persyaratan yang harus dipenuhi apabila akan melaksanakan pemeriksaan GeNose C19 adalah:

  • Calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas
  • Tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes
  • Calon penumpang harus dalam keadaan sehat

Langkah pemeriksaan GeNose C19 di stasiun

  • Calon penumpang menunjukkan kode booking pada saat registrasi, lakukan pembayaran dan petugas akan memberikan kantong napas. Pastikan nama sudah tertera pada label kantong udara.
  • Buka katup T-Valve pada kantong napas sebelum dihembuskan
  • Calon penumpangg diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali (tetap menggunakan masker) lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh
  • Tutup kembali kantong T-Valve, saat kantong udara sudah penuh
  • Serahkan kantong udara ke petugas dan tunggu hasilnya.

Layanan GeNose C19 di stasiun ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19. Pergi kemanapun kita, jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articleInfo Perkembangan COVID-19 Minggu Keempat Maret di Blitar
Next articlePemadaman Listrik Tanggal 31 Maret 2021 di Blitar