Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM, Dosen UNISBA Memberikan Pelatihan Strategi Penetapan Harga

0
22

Sebagai bentuk tanggungjawab terhadap salah satu tri darma perguruan tinggi, Sabtu 19 November 2022, dua Dosen Universitas Islam Balitar (UNISBA) memberikan pelatihan kepada salag satu pemilik usaha di lingkungan Plosokerep Kota Blitar. Dua dosen tersebut yakni Bapak Anwar Hakim Darajat, S.Sos, M.M dan Ibu Riska Nindia Sari, S.T., M.A.B. yang merupakan dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISBA. Keduanya memberikan pelatihan terkait strategi penetapan harga produk untuk bisa bersaing di masa pasca covid-19. Apalagi saat ini harga kebutuhan pokok juga semakin mahal, maka pelatihan seperti ini perlu diberikan bagi UMKM.

promo shopee
Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM, Dosen UNISBA Memberikan Pelatihan Strategi Penetapan Harga 1

Pelatihan diadakan di rumah pemilik usaha “Oleh-Oleh Khas Blitar Moedah” dan diikuti oleh pemilik usaha yaitu Bu Moedah. Tempat usaha Bu Moedah menjual produk yang beraneka ragam seperti opak gambir, koyah kacang hijau, sagon kelapa dan makanan khas Blitar lainnya. Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Menurut Bapak Anwar selain memberikan pelatihan terkait penentuan harga produk, Bapak Anwar secara pribadi juga mengajak diskusi pemilik usaha terutama mengenai bagaimana mempertahankan usaha yang sudah lama dibangun agar terus bertahan bahkan setelah pandemi.

“Saya beranggapan bahwa pemilik usaha kecil menengah seperti Bu Moedah ini bukan hanya perlu diberikan pelatihan tetapi juga perlu diajak berdiskusi, apalagi pasca pandemi kemarin yang menyebabkan para pelaku UMKM berhenti total. Pasti pasca pandemi banyak permasalahan yang dihadapi oleh mereka. Salah satunya penentuan harga yang Kita tahu sendiri semua bahan baku meningkat juga”, jelas Bapak Anwar. Harapan kedua pemateri adalah semua pihak baik akademisi dan juga instansi pemerintah tidak henti-hentinya memberikan pelatihan gratis bagi semua UMKM di Blitar Raya.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articlePemadaman Listrik 21 November 2022 di Kota Blitar
Next articlePemadaman Listrik Tanggal 22 November 2022 di Blitar