Pantai Bukit Indah & Air Terjun Umbul Baros Blitar

0
126
Pantai Bukit Indah Blitar
Pantai Bukit Indah Blitar. Foto Robby

Pantai Bukit Indah merupakan salah satu pantai di Blitar yang belum lama ini viral gegara uploadan tiktoker anak e mak Al. Banyak yang penasaran dengan keindahan Pantai Bukit Indah yang ada di Blitar selatan.

promo shopee

Berikut infoblitar kupas tuntas serba-serbi seputar pantai ini yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Lokasi Pantai Bukit Indah

Muara sungai di Pantai Bukit Indah  Blitar
Muara sungai di Pantai Bukit Indah Blitar, Foto Jendra

Pantai Bukit Indah yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Umbul Baros ini secara administratif berada di Lingk. Sumberpucung, Ds. Kaligambir, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar

Keindahan alam yang masih terjaga dan lokasi yang tersembunyi membuat pantai ini menjadi destinasi wisata eksklusif bagi mereka yang mencari ketenangan.

Apabila anda bermain ke pantai ini, anda juga dekat dengan akses pantai lain seperti Pantai Peh Pulo dan Pantai Serang. Sehingga dalam satu rute bisa mengunjungi beberapa pantai di Blitar sekaligus.

Daya Tarik Pantai

Air Terjun Umbul Baros. Foto Harry
Air Terjun Umbul Baros, Foto Hary

Pantai Bukit Indah memiliki pasir putih yang dipadukan dengan bebatuan. Pemandangan laut lepas yang menawan, ditambah dengan Gunung Lanang yang tampak di kejauhan, membuat panorama pantai ini sangat indah.

Selain itu, keunikan dari Pantai Bukit Indah adalah adanya air terjun, Air Terjun Umbul Baros, yang terletak tidak jauh dari pantai. Ini salah satu alasan kenapa ada yang menyebut pantai ini sebagai Pantai Umbul Baros

Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menjulang. Di tengah pantai, terdapat muara sungai yang berasal dari Air Terjun Umbul Baros. Muara ini memiliki air tawar yang sangat segar dan bisa menjadi tempat untuk berbilas setelah bermain di air laut.

Cara Menuju Pantai

Untuk menuju Pantai Bukit Indah, Anda dapat mengikuti rute menuju Pantai Peh Pulo dari Blitar. Saat sampai di pertigaan, ambil jalan lurus yang sedikit menanjak. Akses jalan menuju pantai ini cukup beragam, mulai dari jalan beraspal, rabat beton, hingga jalan setapak. Dianjurkan untuk menggunakan kendaraan roda dua dan memanfaatkan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) karena minimnya petunjuk arah.

Mendekati lokasi pantai, Anda akan melewati perkebunan warga sekitar. Setelah tiba di sebuah gubuk, parkirkan kendaraan Anda dan lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 40 meter untuk menyeberangi sungai menuju lokasi Pantai Bukit Indah.

Tips Berkunjung ke Pantai Bukit Indah

  1. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua dan bertanya kepada warga setempat apabila bingung akses jalan menuju ke lokasi.
  2. Bawalah perbekalan seperti makanan dan minuman karena fasilitas di lokasi masih minim.
  3. Jangan lupa membawa topi, payung, dan sunblock karena cuaca bisa sangat panas.
  4. Berhati-hati saat menyeberangi sungai, terutama saat debit air tinggi.
  5. Jangan berenang di laut karena ombak di pantai selatan bisa sangat besar dan berbahaya
  6. Area Pantai Bukit Indah dan Air Terjun Umbul Baros masih sangat alami. Jadi, jangan meninggalkan sampah atau melakukan vandalisme.
Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articleSatukan Pemikiran, Rumah Kinasih dan Masyarakat RT. 01 Desa Siraman Lakukan Sosialisasi Untuk Kesejahteraan Bersama
Next articleSejuknya Wisata Alam Telaga Pacuh / Paco di Penataran