Kabar Baik! Perpustakaan SMAN 1 Talun Buka Layanan untuk Masyarakat Umum Lho

0
88
Perpustakaan SMAN 1 Talun
Perpustakaan SMAN 1 Talun

Info Blitar – Pada tanggal 16 Januari 1974 berdirilah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) Blitar di desa Kaweron, kecamatan Wlingi. Berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 0236/0/1973 ini menjadi cikal bakal SMA Negeri 1 Talun yang diresmikan oleh Bapak Moch. Noer sebagai Gubernur Jawa Timur pada saat itu.

Sejak awal berdirinya perpustakaan pada tahun 1974 sampai dengan sekarang, gedung perpustakaan sempat pindah beberapa kali. Pada awalnya perpustakaan sekolah hanya dimanfaatkan untuk memberikan layanan kepada sivitas akademika SMA Negeri 1 Talun. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini perpustakaan memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat umum serta instansi-instansi yang bekerjasama dengan perpustakaan SMAN 1 Talun, yang diaplikasikan melalui promosi media sosial, program tahunan kemah bakti yaitu “One Person One Book”, dan program “BaLing” baca keliling rutin setiap bulan puasa. Kemudian dikenal sebagai “perpustakaan SMANTA”. Jam kunjung hari Senin-Kamis pukul 08.00—16.00 dan hari Jumat pukul 08.00—15.00 WIB

Perpustakaan SMANTA merupakan salah satu perpustakan sekolah terbaik di Kabupaten Blitar. Banyak prestasi yang telah diraih, baik dalam lingkup kabupaten/kota maupun provinsi. Beralamat di Jalan Raya Kaweron Tromol Pos 4, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar perpustakaan SMANTA berporos di bangunan depan di sekolah sebagai acuan bahwa perpustakaan sebagai garda terdepan untuk memajukan pengetahuan bangsa, hal ini juga memudahkan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.

Gedung perpustakaan SMANTA bersebelahan dengan ruang adiwiyata sebagai ruang eksplorasi kegiatan yang berwasasan dan ramah lingkungan, ruang galeri seni menampung beragam karya siswa/i SMANTA berupa karya 2D dan 3D yang dipamerkan akhir semester genap , ruang ustmani, serta ruang multimedia yang difungsikan sebagai ruang pertemuan, dan literasi IT.

Sesusai dengan visi perpustakaan yaitu, “menjadi pusat ilmu pengetahuan dan sains berbasis teknologi informatika terdepan bagi warga sekolah”  perperustakan SMANTA terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana termasuk referensi buku dan IT yang lengkap dan terkini. Perpustakaan SMANTA memiliki koleksi dalam bentuk cetak dan elektronik, melanggan beberapa malajah dan surat kabar.

Perpustakaan SMAN 1 Talun
Perpustakaan SMAN 1 Talun

Ruangan dengan luas ini dilengkapi dengan pendingin ruangan serta CCTV untuk melindungi aset perpustakaan yang dipantau langsung oleh teknisi sekolah dan APAR dalam siaga bencana kebakaran, jendela bedi pengaman, dan kunci penitipan barang. Area yang tersedia di perpustakaan SMANTA yaitu ruang pengolahan, ruang kerja kepala perpustakaan dan staf, ruang pertemuan/multimedia, area display buku baru, area komputer/internet, area lemari katalog dan meja OPAC, area loker penyimpanan barang, ruang baca koleksi, ruang baca outdoor, ruang koleksi umum, ruang referensi, gudang, dan toilet.

Ruangan perpustakaan juga difungsikan sebagai ruang pembelajaran, ruang pembinaan ekstrakulikuler Jurnalistik, Lensaturation, dan Movo Film.

Perpustakaan berevolusi dengan teknologi yang mampu bersanding dengan warga sekolah untuk meningkatkan budaya literasi sekolah. Perpustakaan SMANTA dilengkapi dengan fasilitas wifi, ruang baca perpustakaan induk mampu menampung lebih dari 100 orang yang mengusung nuansa lesehan dengan kondisi area bersih, rapih, nyaman, tenang, dan aman.

Perpustakaan SMAN 1 Talun
Perpustakaan SMAN 1 Talun

Untuk memenuhi koleksi serta sarana dan prasarana perpustakaan, terdapat di RAB sekolah, dana BOS, serta bentuk donasi warga sekolah berupa wakaf buku.

Saat ini kepala perpustakaan SMANTA dijabat oleh Dra. Binti Mukaromah, S.Pd., M.Pd. dibantu oleh staf dan guru dalam menjalankan roda kerja perpustakaan SMANTA.

Program unggulan perpustakaan SMANTA antara lain literasi ramah lingkungan, penerbitan karya guru dan siswa, One Person One Book, dan BaLing.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.