Selain Menanam Bunga di Sekitar Rumah, Baiknya Tanam 5 Tanaman Ini

0
227
Kumis Kucing
Kumis Kucing. Sumber: Pixabay

Info Blitar – Pandemi telah memunculkan tren-tren baru seperti semua orang menggandrungi bersepeda dan juga menanam bunga. Harga bunga yang semakin tidak masuk akal. Tetapi selama masih ada yang mau beli tak perlu diambil pusing.

Selain menanam buka yang berbunga ada baiknya Sobat Info Blitar menanam beberapa tanaman obat di sekitar rumah. Manfaatnya yang tidak main-main secara turun temurun sebagai obat traditonal juga tidak kalah bisa menambah keindahan sekitar rumah. Berikut beberapa tanaman obat yang bisa Sobat tanam:

1. Sirih

Daun sirih mengandung polevenaland dan flavonoid yang dapat menjadi antioksidan, antiseptik, serta anti-inflamasi. Selain itu, uegenol dan karvokol yang juga terdapat pada daunnya dapat meredakan rasa sakit serta mengatasi bau mulut dan keputihan.

2. Temu Lawak

Temulawak terkenal untuk penambah nafsu makan. Selain itu, kandungan kukurmin yang terdapat pada rimpang temulawak bermanfaat mengatasi jerawat, anti-inflamasi dan anti-hepatotoksik. Temulawak juga berkhasiat untuk mengobati sakit limpa, sakit kepala, sakit ginjal, asma, sakit pinggang, masuk angin, sariawan, sembelit, dan cacar air.

3. Kumis Kucing

Bentuk bunganya yang cantik dan menarik, kumis kucing bermanfaat untuk menghilangkan panas dan lembab, infeksi ginjal, peluruh air seni, infeksi kandung kemih, encok, dan sakit kencing batu.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan atau minuman bahkan sabun cuci piring. Jeruk ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, jeruk nipis dapat menghilangkan komedo, mengobati amandel, mengobati anyang-anyangan, obat batuk, untuk diet, hingga menghilangkan bau badan.

5. Rosella

Bunga rosella merupakan jenis bunga yang paling sering dibudidayakan oleh para petani terutama petani yang menargetkan pasar kesehatan (medis). Selain dimanfaatkan sebagai obat, bunga rosella juga bisa dijadikan teh. Teh bunga rosella berkhasiat untuk mengobati luka/iritasi pada lambung, menyembuhkan demam, mencegah penyakit jantung, mengencerkan dahak pada tenggorokan, mengatasi penyakit hipertensi dan mengobati penyakit kanker.

Jadi, sudah tentukan tanaman obat apa yang akan Sobat tanam? Ada banyak sekali tanaman obat di sekitar kita yang cantik dan bermanfaat.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.