Saturday, June 22, 2024
promo shopee
HomeInspirasiSMAN 1 Talun Masuk Nominasi 6 Besar Lomba Perpustakaan Tingkat Jawa Timur

SMAN 1 Talun Masuk Nominasi 6 Besar Lomba Perpustakaan Tingkat Jawa Timur

Info Blitar – Selasa (30/06/2020) Perpustakaan SMA 1 Talun (Smanta) berhasil menjadi nominator lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Atas Tingkat Provinsi Jawa Timur dan masuk nominasi 6 besar.

Tim juri dari Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Jawa Timur melakukan kunjungan secara langsung untuk mengamati bagaimana kondisi perpustakaan serta mendengarkan paparan profil perpustakaan yang dimiliki SMA 1 Talun tersebut.

Tim juri tidak hanya melihat langsung kondisi perpustakaan, namun juga mendengarkan pemaparan profil perpusatakaan. Tim juri terdiri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim dan Dinas Pendidikan Jatim.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Talun Gatot Wiyono mengatakan, tahun sebelumnya, perpustakaan Smanta ini berhasil meraih harapan III pada lomba perpustakaan tingkat provinsi.

“Mudah-mudahan tahun ini kami meraih prestasi yang lebih tinggi. Kami berharap kami berhasil meraih juara satu kemudian nanti kita bisa mewakili Provinsi Jatim di tingkat nasional,” ujar Gatot.

Perpustakaan Sasana Abhipraya Smanta ini memiliki terobosan luar biasa. Dikatakan Gatot, Perpustaakan terbuka untuk umum. Di sisi lain, juga tersedia beberapa area yang mendukung pengunjung untuk semakin mudah dalam mengakses koleksi perpustakaan.

Sasana Abhipraya menyediakan area katalog dan meja OPAC yang merupakan sistem katalog terpasang. Katalog ini dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu dan mendapatkan informasi tentang lokasinya.

“Perpustakaan ini juga terbuka untuk umum. Jadi misalnya ada wali murid sambil menunggu menjemput anaknya bisa menunggu di perpustakaan,” ujarnya.

Diantaranya Perpustakaan SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang, Perpustakaan SMK Negeri 1 Kabupaten Trenggalek,
Perpustakaan SMA Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung, Perpustakaan SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Kabupaten Jombang, dan Perpustakaan SMA Unggulan BPPT Al Fattah Kabupaten Lamongan.

Dalam visitasi itu, hadir pula Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar, Dinas Kominfo Kabupaten Blitar dan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Herman Widodo mengatakan, melihat dari sarana dan prasarana serta koleksi buku yang memadai, perpustakaan SMA 1 Talun diharapkan bisa meraih juara satu dan bisa masuk tingkat Nasional.

Bahkan saat ini, SMA 1 Talun memiliki terobosan baru dengan membuka perpustakaan untuk umum yakni mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB hari Senin – Jum’at. Tujuannya tidak hanya untuk mencerdaskan anak didik, akan tetapi juga menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan pendidikan untuk orang tua wali murid dan masyarakat umum.

Komentar
RELATED ARTICLES

Most Popular