Monday, June 17, 2024
promo shopee
HomeWisataAir Terjun Sirah Kencong: Destinasi Wisata Alami di Lereng Gunung Kawi

Air Terjun Sirah Kencong: Destinasi Wisata Alami di Lereng Gunung Kawi

Blitar, sebuah kota kecil di Jawa Timur, terkenal dengan beragam destinasi wisata alamnya. Salah satu yang paling memikat adalah Air Terjun Sirah Kencong.

Terletak di kawasan perbukitan Desa Ngadirejo, Kecamatan Wlingi, Air Terjun Sirah Kencong tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga pengalaman yang menyegarkan.

Pada kesempatan ini, Info Blitar akan membawa Anda menjelajahi setiap sudut keindahan Air Terjun Sirah Kencong, memberikan informasi tentang akses, fasilitas, aktivitas yang bisa dilakukan, serta beberapa tips bermanfaat untuk kunjungan Anda.

Lokasi & Akses

Air Terjun Sirah Kencong terletak di kawasan perkebunan teh Sirah Kencong Desa Ngadirejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Lokasinya yang berada di tengah perkebunan teh menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Untuk mencapai air terjun ini, Anda dapat memulai perjalanan dari gerbang Perkebunan Teh Sirah Kencong.

Dari sini, akses paling mudah adalah dengan mengambil jalan lurus hingga sampai di gerbang pabrik teh. Setelah itu, ambil jalan yang agak menurun dan seberangi sungai kecil.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat, parkir tersedia di tanah lapang setelah sungai kecil tersebut. Sedangkan bagi pengendara roda dua, perjalanan bisa dilanjutkan sekitar 400 meter lebih dekat ke air terjun, sehingga tidak perlu berjalan terlalu jauh.

Bagi Anda yang lebih suka berjalan kaki, air terjun ini bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 700 meter dari perkebunan teh. Meskipun jalurnya agak menanjak, namun pemandangan sekitar dan udara sejuk akan membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pengunjung adalah harga tiket masuk. Tiket masuk ke Air Terjun Sirah Kencong tidak termasuk dalam tiket kawasan perkebunan teh karena air terjun ini berada di kawasan Perhutani.

Biaya masuk ke air terjun ini adalah Rp6.000 per orang. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Fasilitas

Air Terjun Sirah Kencong dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Di sekitar area parkir dan dekat air terjun, terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Bahkan, Anda bisa menemukan penjual baju anak di sekitar area parkir.

Fasilitas kamar mandi juga tersedia di dekat air terjun, sehingga pengunjung bisa membersihkan diri setelah bermain air.

Selain itu, terdapat mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah. Keberadaan mushola ini sangat membantu bagi wisatawan muslim yang berkunjung. Semua fasilitas ini menjadikan Air Terjun Sirah Kencong sebagai destinasi yang sangat ramah bagi keluarga.

Aktivitas

Salah satu kelebihan dari Air Terjun Sirah Kencong adalah suasananya yang sejuk dan nyaman. Wisatawan dapat menikmati kesejukan dan keindahan alam dengan duduk-duduk di sekitar air terjun sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Suara gemericik air di bebatuan berpadu dengan kicauan burung-burung yang beterbangan, menciptakan suasana yang sangat damai dan menenangkan.

Bagi pengunjung yang suka berfoto, setiap sudut di sekitar air terjun ini bisa menjadi spot foto yang menarik. Aliran air yang jernih dan pemandangan alam yang asri membuat hasil foto Anda terlihat sangat instagrammable.

Selain itu, di depan air terjun terdapat kolam ikan koi yang menambah daya tarik tempat ini. Kolam ini menjadi favorit anak-anak yang ingin melihat ikan-ikan berenang dengan bebas.

Air Terjun Sirah Kencong sangat ramah bagi anak-anak. Kedalaman air terjun tidak terlalu dalam dan arusnya pun tidak deras, sehingga aman untuk bermain air.

Selain itu, pengunjung juga diingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat menikmati keindahan alam yang terjaga dan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pengunjung berikutnya.

Tips Berkunjung

Untuk pengalaman berkunjung yang lebih menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Bawa bekal sendiri: Menikmati bekal sambil duduk-duduk di sekitar air terjun akan menambah kenikmatan liburan Anda.
  2. Gunakan ojek: Jika tidak ingin berjalan kaki terlalu jauh, Anda bisa menggunakan ojek yang tersedia di area perkebunan.
  3. Bawa baju ganti: Bermain air di air terjun tentu akan membuat pakaian basah, jadi jangan lupa membawa baju ganti.
  4. Jaga kebersihan: Selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan.
  5. Ajak keluarga dan teman: Berlibur bersama orang-orang terdekat akan menambah keseruan dan kebahagiaan.

Air Terjun Sirah Kencong memang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alamnya yang mempesona, fasilitas yang lengkap, dan akses yang mudah, tempat ini cocok untuk dijadikan pilihan liburan Anda berikutnya.

Komentar
RELATED ARTICLES

Most Popular