Sepenggal Kisah dari Es Mini, Rumah Makan Legendaris di Blitar

0
562
Es Mini 2

Info Blitar – Jika melintas di Jl. Dr. Wahidin Kota Blitar, anda akan menemukan beberapa kedai kopi kekinian yang menjadi tempat nongkrong para pemuda di Blitar. Diantara kedai-kedai kopi kekinian tersebut, terdapat sebuah bangunan berlantai tiga dengan rolling door berwarna pink yang terkenal dengan nama Es Mini.

Es Mini bisa dibilang merupakan sebuah rumah makan legendaris yang sudah ada di Blitar sejak empat puluh lima tahun silam. Berawal dari jualan es buah kemudian mengembangkan usahanya menjual makanan rumahan. Beberapa waktu lalu tim Info Blitar sempat ngobrol degan Anwar Sani pemilik rumah makan legendaris ini.

Sejarah Rumah Makan Es Mini Kota Blitar

Sepenggal Kisah dari Es Mini, Rumah Makan Legendaris di Blitar 1

Banyak orang yang penasaran dengan asal-usul nama Es Mini tapi yang dijual kok makanan rumahan. Sore itu Anwar Sani bercerita tentang asal-usul usaha warung yang sudah dirintisnya sejak tahun 1975 itu.

Ceritanya berawal dari kondisi ekonomi yang sulit pada tahun 1960an. “Pada tahun 1964, saya lulus SD kemudian ikut saudara di Blitar yang punya Warung Prasojo yang sekarang sudah berubah menjadi Mall. Sambil sekolah saya ya bantu-bantu di warung milik saudara saya itu” Cerita pria yang akrab dipanggil dengan Pak Sani.

Berawal dari bantu-bantu di warung milik saudaranya tersebut, Ia mulai memiliki angen-angen suatu saat akan membuka warung sendiri. Kemudian setelah lulus STM pada tahun 1970, ia nganggur dan sesekali juga menjadi makelar motor. Dari hasil usahanya tersebut, pada akhirnya ia berhasil membeli kios berukuran 3 x 5 meter di Jl. Kelud Kota Blitar

Setelah itu ia mulai bekerja di proyek pada tahun 1974 sambil menabung untuk modal jualan. Nama mini selain berasal dari kios yang masih kecil pada waktu itu, juga berasal dari singkatan nama nama Mamik (Istri) dan Sani. Menu es buah berawal dari keinginannya untuk bisa memenuhi kebutuhan asupan tubuh yang lengkap untuk para pelajar yang merupakan target pasarnya kala itu. Karena pada saat itu masih jarang orang yang berjualan es buah.

Setelah 3 tahun berjualan Es, akhirnya ia memutuskan untuk mengembangkan usahanya dengan menjual menu masakan rumahan. Sampai pada akhirnya pada tahun 1997 ia memindahkan usaha yang awalnya berada di kios sempit Jl. Kelud ke lokasi yang lebih luas dan dipakai saat ini di Jl. Dr. Wahidin.

Menu Masakan di Es Mini

Sani juga bercerita bahwa, sebagian bahan baku untuk masakan rumahan yang tersedia di Es Mini berasal dari kebun sendiri. Ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa setiap masakan diolah dengan bahan-bahan terbaik. Para pedagang sayur yang menjadi langganannya pun sudah hafal dengan standard yang ia minta, sehingga ia bisa selalu mendapatkan sayur-sayur kualitas wahid untuk disajikan di warung legendaris yang ia bangun sejak empat puluh lima tahun lalu

Salah satu menu andalan di Es Mini adalah Nasi campur yang dalam satu porsinya terdapat serundeng, sambel goreng, acar, oseng pepaya dan teri serta daging sebagai lauk utamanya. Harga seporsinya hanya Rp15.000. Penampakannya seperti gambar di bawah ini

Nasi Campur Lauk Daging di Es Mini

Ada menu Es Teler yang berisi mangga, alpukat, kelapa muda, tape ketan dan nangka. Meski bukan musim mangga, namun dalam menunya masih aja ada mangga. Semangkuk Es Teler ini dibandrol dengan harga Rp.10.000. Sayangnya ketika kami datang, menu Es Mini sedang kosong lantaran tidak mendapatkan salah satu buah dengan standard yang sudah ditentukan. Jadi mereka memilih untuk tidak menyajikan menu yang tidak sesuai standard daripada tetap menyajikan dengan buah-buahan seadanya.

Selain itu juga terdapat menu masakan rumahan lain seperti sayur asem, pepes pindang, empal goreng, nasi pecel, soto dan rawon

Cocok untuk Penggemar Masakan Rumahan

Selayaknya penjual makanan rumahan lain, rumah makan ini juga menyediakan penjualan berupa sayur saja yang harganya mulai dari lima ribuan. Bahkan untuk menjawab kebutuhan masa kini, pemesanan bisa dilakukan melalui salah satu aplikasi ojek online yang beroperasi di Blitar.

Buat yang sedang main ke Blitar dengan beberapa rekan, mungkin es mini bisa menjadi rujukan yang pas apabilla setiap orang memiliki selera makan yang berbeda-beda. Rumah makan ini buka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam. Cocok untuk makan siang dan makan malam bersama keluarga.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.