Filosofi dan Makna Desain Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI

infomblitar

Uang Pecahan Rp75000

Info Blitar – Pada waktu yang lalu Tim Info Blitar mengepos berita cara mendapatkan Uang Rp75.000 Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI. Uang pecahan baru dicetak terbatas. Satu pemilik KTP hanya bisa mendapatkan satu lembar.

Nah, pada pos kali ini akan membagikan kepada Sobat tentang filosofi dan makna yang ada pada uang baru ini.

A. Mensyukuri Kemerdekaan

Digambarkan dengan peristiwa Pengibaran Bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, gambar proklamator Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta gunungan yang memiliki filosofi pembuka dan permulaan lembaran baru.

B. Memperteguh Kebinekaan

Digambarkan dengan anak Indonesia menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur NKRI serta beragam kain motif kain Nusantara yaitu tenun Gringsing Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.

C. Menyongsong Masa Depan Gemilang

Digambarkan dengan Satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI, peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global, serta anak Indonesia yang digambarkan sebagai SDM unggul di era Indonesia Maju.

Komentar