Libur Lebaran Kemana? Ini Tempat Wisata Populer di Blitar

0
378
Pantai Serang Blitar
Pantai Serang di Blitar. Foto Jelajah Blitar

Info Blitar – Rekomendasi tempat wisata di Blitar selalu ramai dicari masyarakat menjelang libur lebaran, karena selain mudik banyak orang yang mengisi libur dengan berwisata. Nah, pada kesempatan ini Info Blitar yang bekerjasama dengan Jelajah Blitar menuliskan rekomendasi tempat wisata di Blitar yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Beberapa pertimbangan dalam menulis rekomendasi tempat wisata di Blitar diantaranya adalah kemudahan akses menuju ke lokasi dan tersedianya ragam fasilitas penunjang tempat wisata. Jadi tempat wisata berikut ini cocok dikunjungi baik menggunakan mobil maupun motor bersama keluarga.

Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Main ke Blitar belum lengkap rasamua jika belum berziarah ke Makam Bung Karno. Makam Presiden pertama Republik Indonesia ini. Berada di Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Makam Bung Karno merupakan salah satu penarik kunjungan wisata ke Blitar lho.

Retribusi untuk masuk Makam Bung Karno ini hanya Rp. 3.000/orang.

Selain makam Bung Karno, dalam komplek ini terdapat Museum yang berisi peninggalan foto maupun barang milik Bung Karno dan Perpustakaan Nasional yang hanya ada 3 di Indonesia. Yaitu di Blitar, Bukittinggi dan Jakarta.

Istana Gebang

Istana Gebang Blitar
Istana Gebang Blitar

Istana Gebang merupakan rumah kakak Bung Karno yang juga menjadi salah satu rumah masa kecil Bung Karno. Tidak heran jika di rumah yang terletak di Jl. Sultan Agung, Kota Blitar ini memiliki banyak peninggalan Bung Karno. Selain itu ada banyak barang-barang jadul yang masih terawat dengan baik.

Untuk masuk ke Istana Gebang, pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi sama sekali. Hanya perlu datang dan isi buku tamu saja. Mungkin hanya perlu membayar biaya parkir sesuai dengan tipe kendaraannya.

Kampung Coklat

Kampung Coklat Blitar
Kampung Coklat Blitar. Foto Jelajah Blitar

Merupakan pasar oleh-oleh modern dengan tema coklat, jadi jangan heran jika menemukan aneka makanan yang terbuat dari coklat. Bahkan ada mie coklat yang dijual di kawasan kampung coklat ini.

Selain menjual aneka produk olahan coklat, pengunjung juga bisa menikmati aneka wahana permainan untuk anak. Bahkan ada cooking class menghias coklat yang juga bisa dilakukan di kampung coklat ini.

HTM masuk ke Kampung Coklat ini hanya Rp. 5.000 per orangnya. Namun biasanya kalau libur panjang seperti ini pengunjungnya membludak lho.

Pantai Tambakrejo

Dermaga Pantai Tambakrejo
Dermaga Pantai Tambakrejo. Foto Jelajah Blitar

Pantai tambakrejo merupakan pantai yang paling mudah aksesnya di Blitar. Mayoritas jalan menuju ke Pantai Tambakrejo ini sudah beraspal cukup bagus. Jarak tempuh dari Kota Blitar menuju ke Pantai Tambakrejo ini juga kurang dari satu jam perjalanan.

Pantai Tambakrejo memiliki daya tarik pasir yang berwarna putih dan warna laut yang cukup memukau. Aneka seafood pun tersedia di sini dengan harga yang relatif miring. Pastikan tanya dulu harga ke penjual sebelum membeli, untuk menghindari getok harga yang belakangan viral dimana-mana.

Tempat pelelangan ikan pun tersedia untuk yang senang mencari ikan segar. Di sebelah barat juga ada dermaga dengan pemecah ombak yang pemandangannya bagus.

HTM masuk ke kawasan pantai ini hanya Rp. 5.000 saja per orang. (tarif lebaran kami kurang tahu, apakah tetap sama atau berbeda)

Pantai Serang

Pantai Serang Blitar
Pantai Serang di Blitar. Foto Jelajah Blitar

Pantai serang merupakan salah satu pantai yang ada di Ds. Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Meski keindahan pasirnya tak seindah di Pantai Tambakrejo, namun pantai dengan bentang yang cukup panjang ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Jika dibandingkan tambakrejo, pantai serang itu lebih tertata. Pepohonan cemara udang di pinggir pantainya pun cukup rindang sehingga cocok untuk menikmati angin sepoi-sepoi di pantai ini.

HTM ke pantai Serang adalah Rp. 5.000/ orang (tarif lebaran kami kurang tahu, apakah tetap sama atau ada perbedaan)

Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Kebun Teh Sirah Kencong Blitar. Foto Jelajah Blitar

Kebun teh sirah kencong merupakan salah satu destinasi wisata di Blitar yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Terletak di ketinggian 1000 mdpl, suasana sejuk dan dingin khas perkebunan ini bisa memberikan ketenangan untuk para pengunjungnya.

Selain bisa bersantai menikmati sejuknya perkebunan teh, pengunjung juga bisa menikmati kesegarana air terjun yang berada dalam kawasan ini. Jangan lupa untuk mencicipi rasa teh hitam khas perkebunan teh sirah kencong.

HTM masuk perkebunan teh sirah kencong Rp. 4.000 untuk satu orangnya.

Telaga Rambut Monte Blitar

Telaga Rambut Monte
Telaga Rambut Monte. Foto Jelajah Blitar

Telaga rambut monte yang ada di wilayah Blitar utara menjadi salah satu daya tarik wisata. Suasana pepohonan yang rindang ditambah dengan warna tosca yang ada di telaga menjadi daya tarik tersendiri. Bebunyian khas pedesaan menjadi nyanyian alam yang membuat rileks.

Terletak di Ds. Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar membuat telaga ini menjadi salah satu destinasi populer di Blitar wilayah Utara.

HTM masuk kawasan Rambut Monte ini hanya Rp. 3.000/orang

Penangkaran Rusa Maliran dan Kesambi Trees Park

Penangkaran Rusa Maliran
Penangkaran Rusa Maliran. Foto Jelajah Blitar

Blitar sebelah barat memang tak banyak memiliki banyak pilihan destinasi wisata, namun Maliran Deer Feeding dan Kesambi Trees Park yang ada di wilayah Maliran, Ponggok ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi libur lebaran.

Pasalnya, kawasan penangkaran rusa ini sudah dilengkapi area outbond yang cocok untuk anak-anak bermain sekaligus mengenal rusa lebih dekat dengan memberinya makan. Akses jalan yang relatif mudah dan parkiran yang sangat luas bisa menjadi alternatif wisata di Blitar bagian barat.

HTM masuk ke kawasan ini hanya Rp. 10.000 saja.

Tempat Wisata Populer di Blitar

Demikian delapan tempat wisata populer di Blitar yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran besok. Semua tempat wisata yang sudah Info Blitar kumpulkan di atas bisa dikunjungi dengan naik mobil maupun motor. Semua tempat tersebut cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Selamat menikmati libur lebaran

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.