Tuesday, May 21, 2024
promo shopee
HomeWisataPantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga

Pantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga

Pantai Serang Blitar berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Sekitar 45 km dari pusat Kota Blitar.

Pantai Serang merupakan salah satu pantai favorit keluarga untuk menikmati akhir pekan, karena selain memiliki bentang pantai yang cukup luas, akses jalan yang sudah cukup memadai, ada banyak event diselenggarakan di pantai ini

Ada Apa Saja di Pantai Serang?

Sebagai salah satu destinasi pantai favorit di wilayah Blitar selatan, tentu ada banyak hal yang bisa dinikmati di Pantai Serang Blitar ini. Mulai dari menikmati berbagai event menarik, menikmati kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan es degan.

Buat kamu yang ngikuti Web Series Yakin Nikah, mereka juga syuting di pantai ini lho untuk seri ke 3 kemarin. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika pergi ke Pantai Serang

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga 1

Pantai Serang memilkiki bentang pantai yang cukup luas, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan suasana pantai dengan deburan ombak yang cukup besar. Oleh karena itu tidak diperbolehkan mandi di pantai ini.

Pepohonan cemara udang di pinggiran pantai yang rindang bisa buat nongkrong bersama teman maupun keluarga sambil menikmati keindahan pantai.

Camping / Kemah

Pantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga 2

Pantai Serang Blitar juga merupakan salah satu pantai paling nyaman buat camping. Berbagai fasilitas tersedia di pantai ini sehingga membuat siapapun bisa camping di pantai ini dengan nyaman.

Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga penjual makanan pun biasanya berjualan hingga tengah malam, terutama ketika akhir pekan. Bahkan untuk yang males buat bawa perlengkapan, di kawasan pantai ini juga menyediakan persewaan tenda kok.

ATV

Meski tidak boleh bermain omba, tetapi ada persewaan ATV di sini yang bisa kamu coba untuk menjelajahi pantai dari ujung ke ujung yang jaraknya sekitar 600 meter.

Surfing

Pantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga 3

Pantai serang merupakan satu-satunya pantai di Blitar yang bisa digunakan buat surfing, namun untuk yang belum berpengalaman alankgah baiknya untuk menghubungi warga lokal yang memiliki kemampuan untuk surfing. Sehingga dalam proses belajar surfing ini kamu bisa dipantau.

Tidak setiap waktu bisa digunakan untuk surfing, biasanya surfing dilakukan ketika cuaca baik dan di musim kemarau di sore hari.

Kulineran

Berbagai kuliner ikan laut segar juga tersedia di pantai ini. Pemerintah Desa Serang juga senantiasa mengontrol harga makanan di setiap warung yang ada di pantai ini untuk meminimalisir adanya penjual yang curang dengan mengetok harga.

Harga ikan bakar lengkap dengan nasi dibandrol mulai dari 15 ribuan saja. Cukup murah bukan?

Event

Pantai Serang memiliki event tahunan yang rutin di gelar seperti Serang Culture Festival dimana Info Blitar juga menjadi media partner dalam event tersebut. Biasnaya event ini digelar di bulan September.

Dalam rangkaian acara serang culture festival, ada beberapa event seperti lomba patung pasir, festival layang-layang, jazz festival, pelepasan tukik dan masih banyak lagi.

Selain itu, setiap tahunnya juga digelar larung sesaji satu suro yang dilaksanakan pada bulan Suro / Muharam.

Outbond

Terdapat fasilitas outbond di pantai serang yang bisa digunakan untuk company gathering dan berbagai kegiatan komunal lainnya. Anda bisa menghubungi Outbond Blitar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang fasilitas ini

Sunset yang Indah

Pantai Serang Blitar, Destinasi Pantai untuk Liburan Keluarga 4

Pantai Serang dikenal memiliki sunset yang indah. Posisi pantai yang agak miring ke barat memberikan pemandangan khusus. Bahkan anda juga bisa memesan paket sunset dinner untuk menikmati sunset dengan minimal peserta 20 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk satu posti nasi, ikan bakar, tiket masuk, es degan utuh dan table dinner di pantai beserta hiasannya kurang dari 100 ribu rupiah.

Rute ke Pantai Serang

Kini ada dua jalur yang bisa dipilih untuk menuju ke Pantai Serang Blitar. Jalur pertama merupakan jalur lama dengan jarak tempuh yang lebih cepat dibandingkan jalur kedua yang melewati JLS.

Jalur pertama dari Kota Blitar menuju ke Kanigoro dan ke selatan menuju ke Lodoyo / Sutojayan. Dari Sutojayan, ambil arah ke timur hingga margomulyo ambil selatan menuju ke Panggungrejo. Sesampainya di Pertigaan Lapangan Panggungrejo bawah pohon beringin ambil rute ke barat menuju ke Pantai Serang. Ikuti terus jalur utama hingga sampai di pantai. Durasi perjalanan sekitar satu jam

Jalur kedua bisa melewati kawasan Pantai Tambakrejo kemudian ke Desa Serang melewati Jalur Lintas Selatan sejauh 12km. Rutenya dari Kota Blitar menuju ke Kademangan, kemudian lanjut arah ke selatan tujuan Wonotirto / Bakung. Sesampainya di perempatan Gawang ambil ke selatan terus menuju ke Pantai Tambakrejo. Sesmpainya di Desa Tambakrejo, ambil rute ke timur melewati JLS yang baru. Butuh waktu sekitar 90 – 120 menit apabila anda menggunakan rute ini.

Kedua rute tersebut memiliki akses yang cukup mudah dilalui. Mau bawa bis besar ke Pantai Serang? Bisa! Anda bisa melewati rute pertama ya. Kalau mau ke Pantai Tambakrejo juga bisa melalui rute pertama.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Pantai Serang Rp10.000, sedangkan ketika sedang berlangsung event serang culture festival, tiket masuknya Rp20.000. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati keindahan pantai dan berbagai fasilitas yang tersedia di sana.

Video Pantai Serang

Wisata dekat Pantai Serang

Ketika berkunjung ke Pantai Serang, ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi sekaligus seperti

  • Pantai Serit yang terletak di sebelah barat pantai serang. Pantai ini menjadi primadona baru di desa serang. Ribuan pengunjung datang ke pantai ini setiap akhir pekan
  • Goa Kedungkrombang, masih berada di Desa Serang. Apabila kamu datang ke Pantai Serang melalui jalur panggungrejo, kamu bisa mampir dulu sebelum kantor desa serang. Ada petunjuk arah menuju ke Goa yang belum lama dijadikan tempat wisata ini.
  • Pantai Tambakrejo bisa kamu jadikan alternatif wisata dekat pantai serang sekaligus mencoba jalur lintas selatan yang sudah berhasil menghubungkan Desa Tambakrejo di Kecamatan Wonotirto hingga ke Desa Serang Kecamatan Panggungrejo dengan rute sekitar 12 km.
Komentar
RELATED ARTICLES

Most Popular