Thursday, April 25, 2024
promo shopee
HomeWisataPantai Serit Blitar, Primadona Baru di Desa Serang

Pantai Serit Blitar, Primadona Baru di Desa Serang

Pantai Serit adalah sebuah destinasi wisata populer di Blitar, yang sebelumnya dikenal sebagai lokasi favorit para pemancing. Kini pantai ini telah bertransformasi menjadi tujuan wisata yang menarik, terutama setelah dibukanya Jalur Lintas Selatan yang memudahkan akses menuju pantai.

Pantai Serit terletak di kawasan yang juga merupakan rumah bagi pantai-pantai populer lainnya seperti Pantai Tambakrejo dan Pantai Serang. Mempesona dan unik, Pantai ini menawarkan wisatawan lebih dari sekadar pantai biasa – ada Kondang Serit, semacam danau mini yang tak kalah memikat.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Serit

Pantai Serit berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Untuk mencapainya, pengunjung dari arah timur dapat melewati Lodoyo (arah Pantai Serang), sementara yang dari arah barat bisa melewati Kademangan (arah Pantai Tambakrejo).

Kedua jalur ini akan terhubung ke Jalur Lintas Selatan (JLS). Pantai ini berada di sebelah timur Jembatan Watu Sewu, penghubung wilayah Desa Serang dan Desa Ngadipuro. Dari timur jembatan, terdapat jalan berlapis tanah makadam yang dapat dilalui kendaraan roda empat menuju pantai.

Anda juga bisa melihatnya di Google Maps.

Pesona di Pantai Serit

Pantai Serit Blitar
Foto Diyah

Pantai Serit menyimpan pesona yang sebelumnya tersembunyi, tetapi kini mampu menarik banyak wisatawan dengan keunikan dan keindahannya.

Di sebelah barat pantai, terdapat muara sungai yang sebagian alirannya memenuhi ruang kosong di tepi pantai, menciptakan pemandangan yang tampak seperti danau alami.

Kondisi ini menjadikan Pantai ini bukan hanya tempat yang ideal untuk menikmati pantai, tetapi juga tempat yang asyik untuk berenang di area Kondang Serit. Selain berenang, muara ini juga sering digunakan untuk mencari ikan bagi para penggemar memancing

Pemandangan dari atas bukit Pantai ini juga cukup mempesona, apalagi di sore hari menjelang matahari terbenam. Anda bisa menyaksikan bagaimana matahari tenggelam di ufuk barat. Anda juga bisa melihat teluk yang ada di Desa Serang seutuhnya sehingga bisa mengetahui bagaimana gugusan pantai yang ada di Desa ini.

Karakteristik Pantai Serit

Pantai Serit memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir yang cenderung berwarna hitam. Meski terbilang luas dan panas, area pantai kini dilengkapi dengan pepohonan rindang yang menawarkan tempat berteduh dan beristirahat.

Di ujung barat, terdapat tebing karang unik yang menjadi ciri khas Pantai ini. Pantai ini juga memiliki bagian yang bercampur batu, sehingga disarankan untuk tetap mengenakan alas kaki saat berjalan-jalan di pesisir pantai.

Fasilitas Pantai Serit

Pantai Serit, sebagai salah satu destinasi wisata terbaru di Blitar, dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Mulai dari area parkir yang luas, warung-warung dan penjual makanan ringan, kamar mandi, toilet, camping ground, dan mushola sederhana.

Ada wisata naik perahu di muara sungai pantai serit. Jadi pengunjung selain bermain di pantai bisa bermain di sungai juga

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket masuk pantai serit terbaru Rp10.000 per orangnya. Belum termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk sepeda motor Rp5.000 sedangkan mobil Rp10.000.

Wisata Dekat Pantai Serit

Ada beberapa wisata dekat Pantai Serit yang bisa kamu kunjungi juga ketika main ke Pantai ini, diantaranya ada

  • Pantai Serang yang terletak di sebelah timurnya, salah satu pantai di Blitar yang memiliki fasilitas paling komplit. Mulai dari kuliner ikan bakar, outbond, persewaan ATV, camping ground bahkan kamu juga bisa belajar surfing di Pantai ini apabila kondisinya memungkinkan.
  • Goa Kedunkrombang merupakan goa yang belum lama ini dikelola oleh pemerintah Desa Serang yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Desa Serang
  • Pantai Tambakrejo Blitar yang terletak sekitar 10km di sebelah barat pantai serit. Tidak lama untuk menuju ke Pantai Tambakrejo yang sudah terhubung dengan jalur lintas selatan.
Komentar
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular