Monday, April 22, 2024
spot_img
HomePeristiwa10 Pantai di Desa Ngadipuro Blitar

10 Pantai di Desa Ngadipuro Blitar

Apakah anda sudah pernah datang ke 10 pantai di Desa Ngadipuro? Mungkin ada beberapa pantai yang pernah anda dengar seperti Pantai Jebring dan Pantai Keben. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada sekitar 10 pantai di desa ini yang bisa anda kunjungi?

Beruntunglah, dengan adanya jalur lintas selatan yang menghubungkan Desa Tambakrejo dengan Desa Serang melewati Desa Ngadipuro mempermudah akses menuju ke pantai-pantai yang ada di desa ini.

Berikut ke 10 pantai tersembunyi di Desa Ngadipuro yang menunggu untuk anda kunjungi.

Pantai Jebring

Batu karang iconic yang ada di pantai Jebring di Desa Ngadipuro Blitar. Foto Arief S
Batu karang iconic yang ada di pantai Jebring di Desa Ngadipuro Blitar. Foto Arief S

Pantai Jebring merupakan pantai paling barat yang ada di Desa Ngadipuro. Pantai ini memiliki karakteristik pasir berwarna hitam. Dulu pernah juga menjadi salah satu tambang pasir besi di Blitar selatan. Ini yang membuat akses ke Pantai Jebring relatif lebih mudah dibandingkan pantai-pantai lain di Desa Ngadipuro sebelum adanya JLS.

Selain pantai dengan pasir hitam, salah satu yang membuat pantai ini iconic adalah sebuah batu karang yang berada di kawasan pantai.

Pantai Princen

Pantai Princen. Foto Bintang
Pantai Princen. Foto Bintang

Pantai Princen berada tepat di sebelah timur pantai Jebring. Keduanya tampak terpisahkan oleh sebuah tebing ketika ombak sedang pasang. Ketika ombak surut, anda bisa berjalan menuju ke pantai princen dari pantai jebring. Di Pantai Princen terdapat sebuah gua yang dulunya dihuni banyak kelelawar.

Foto di atas memperlihatkan tebing yang memisahkan Pantai Jebring dan Pantai Princen ketika ombak surut sehingga tampak menjadi satu pantai. Di bawah tebing juga tampak goa raksasa yang dulunya dihuni kelelawar

Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng Ngadipuro. Foto Eky
Pantai Wedi Ireng Ngadipuro. Foto Eky

Pantai wedi ireng ini berada di sebelah timur pantai princen. Untuk mengakses pantai ini bisa ambil ke timur (belok ke kiri) di pertigaan sebelum sampai di pantai jebring.

Pantai ini tidak memiliki banyak pengunjung karena selain relatif sempit, ada banyak sampah kayu yang ada di pantai ini. Meski begitu, ombak di pantai ini relatif kecil. Selain di wilayah Ngadipuro, pantai wedi ireng ternyata ada juga didaerah Wates lho.

Pantai Keben

Pantai Keben di Desa Ngadipuro, Blitar
Pantai Keben di Desa Ngadipuro, Blitar. Foto Jelajah Blitar

Menurut Jelajah Blitar, Pantai Keben ini merupakan pantai paling indah yang ada di desa Ngadipuro. Pantai berada di sebuah teluk yang cukup luas dan berpasir putih cantik. Meski berada di sebuah teluk, ombak di pantai ini masih cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk bermain air di pantai ini.

Pantai Selok Dadap

Pantai Selok Dadap.

Pantai Selok Dadap di Desa Ngadipuro ini bisa dilihat dari atas bukit ketika anda mau pergi ke Pantai Pudak. Sama seperti Pantai Keben, pantai ini memiliki pasir berwarna putih. Tidak ada fasilitas apa-apa di pantai ini.

Dengan adanya JLS, diharapkan akses ke pantai-pantai tersembunyi seperti ini kian membaik sehingga dapat dengan mudah dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Pudak

Pantai Pudak Blitar
Pantai Pudak Blitar

Pantai Pudak mirip dengan Pantai Jebring yang memiliki batu karang yang iconic. Bedanya, pantai pudak ini memiliki warna pasir berwarna putih sehingga membuat air laut tampak biru. Ombak di pantai ini juga cukup besar sehingga tidak disarakan untuk berenang di pantai ini.

Belum banyak pengunjung yang main ke Pantai Pudak ini, sehingga jangan kaget kalau main ke sini ternyata tidak ada pengunjung lain.

Pantai Dong Dowo

Pantai Dong Dowo Blitar
Pantai Dong Dowo Blitar. Foto Jelajah Blitar

Pantai Dong Dowo merupakan pantai yang tidak begitu luas, sehingga ketika air laut pasang hampir tidak ada pantai yang bisa diakses. Berada di sebelah barat pantai bakung Blitar. Kendaraan tidak bisa sampai ke Pantai Dong Dowo.

Pantai Bakung

Pantai Bakung Blitar
Pantai Bakung Blitar. Foto jelajah blitar

Pantai Bakung ini tidak berada di Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar melainkan di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki dua karakteristisik yang berbeda, di sebelah timur pantai didominasi bebatuan sedangkan sisi barat didominasi pasir.

Adanya bebatuan di pantai ini tentu membahayakan ketika batu tersebut terseret ombak, karena bisa saja melukai siapapun yang terhantam oleh batu. Apabila main ke pantai ini, kami sarankan untuk tidak berenang.

Pantai Selok Kancil

Pantai Selok Kancil

Di sebelah timur pantai bakung terdapat pantai selok kancil. Tidak banyak orang mengetahui dan pernah main ke pantai dengan pasir putih dan tebing karang di setiap sisinya. Untuk bisa menuju ke pantai selok kancil ini cara paling mudah adalah berjalan kaki dari Pantai Bakung.

Pantai Benelan

Pantai Benelan Blitar

Pantai Benelan ini berada di paling timur desa Ngadipuro. Pantai ini belum begitu populer di kalangan wisatawan. Padahal potensi pantai ini mirip dengan pantai pangi. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga bisa buat bermain di pinggir pantai. Meski begitu kita tetap harus hati-hati apabila bermain di pantai ini, karena ombak pantai selatan dikenal cukup ganas.

Komentar
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments