Penemuan Kepala Kala Bata Merah dan Koin Jaman Belanda di Kawasan Candi Gedog

0
2629
Penemuan Arca di Situs Gedog
Penemuan Arca di Situs Gedog. Foto KIM Asabri

Info Blitar – Minggu (01/09) telah ditemukan kepala kala dan batu bata merah di area persawahan milik hotel Herlingga yang dikelola oleh Bapak Thoiran. Persawahan ini lokasinya berada di sebelah selatan Situs Joko Pangon atau Candi Gedog.

Di kawasan situs Candi Gedog yang berada di Jl. Cokrodipo, Kelurahan Gedog, Kec. Sananwetan sudahada dua kepala kala dan satu Yoni.

Update: Ekskavasi Candi Gedog dimulai

Ukuran kepala Kala yang ditemukkan hari ini kurang lebih sama dengan yang sudah lebih dulu di temukan. Menurut catatan yang ada pada buku History of Java, Candi Gedog memiliki 4 kepala kala, dengan ditemukannya satu kepala kala, diyakini masih ada satu kepala kala lagi yang belum ditemukan.

Saat ini, lokasi penemuan kepala Kala baru ini sudah dipasang garis polisi.

“Akan segera menindaklanjuti temuan ini dengan melaporkan ke Walikota Blitar yang kemudian akan dilanjutkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3)” Ujar Heru Eko Pramono, Camat Sananwetan

Selain penemuan Kepala Kala dan bata merah, ditemukan juga koin dengan angka tahun 1856. Di salah satu sisi koinnya bertuliskan aksara jawa sedangkan sisi lainnya Nederlandsce Indie.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.