Protokol Bersepeda di Tempat Publik pada Masa Pandemi COVID-19

0
186
Ilustrasi bersepeda di masa pandemi Covid-19. Foto: Dok. Istimewa
Ilustrasi bersepeda di masa pandemi Covid-19. Foto: Dok. Istimewa

Info Blitar – Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan olahraga, karena dengan olahraga  kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari yang bisa dilakukan di rumah maupun di tempat publik. Bersepeda di tempat publik merupakan salah satu jenis olahraga yang mendadak populer di kalangan masyarakat. Namun, tahukah bagaimana protokol kesehatan saat bersepeda di tempat publik pada masa pandemi COVID-19? Berikut adalah protokol bersepeda di tempat publik menurut covid19.go.id :

  • Pastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum berolahraga.

Apabila merasa demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas sebaiknya tetap berada di rumah. Bila memang sangat ingin olahraga, sebaiknya lakukan olahraga yang bisa dilakukan dari rumah.

  • Gunakan masker selama berolahraga di luar rumah.

Karena berbicara saat bersepeda masih dimungkinkan, menggunakan masker merupakan hal yang wajib. Hal ini untuk mencegah kemungkinan untuk menularkan virus kepada orang lain saat berbicara.

  • Jagalah kebersihan tangan.

Tentunya dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer, sebelum dan sesudah olahraga. Jangan lupa ikuti ketentuan membersihkan tangan sesuai dengan yang ditentukan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Hindari menyentuh area wajah.

Khususnya di area mata, hidung, atau mulut. Karena kita tidak bisa memastikan apakah tangan kita dalam kondisi bersih atau tidak.

  • Gunakan peralatan sendiri.

Ini untuk meminimalisir risiko penularan, jadi sebaiknya gunakan peralatan pribadi. Karena kita tidak tahu apakah peralatan yang kita gunakan secara bergantian tersebut benar – benar bersih atau tidak.

  • Beri jarak +- 20 meter saat bersepeda.

Memperhatikan jarak bertujuan menghindari kontak fisik yang mungkin bisa terjadi. Hal ini bisa memperkecil risiko penularan COVID-19.

  • Setelah berolahraga, segera bersihkan diri.

Tentunya dengan mencuci tangan, mandi, dan berganti pakaian. Sebelum membersihkan diri hindari kontak dengan keluarga anda di dalam rumah.

  • Jika perlu bersihkan semua alat yang digunakan.

Kita bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membersihkan alat – alat tersebut. Setelah dibersihkan alat – alat tersebut bisa digunakan kembali.

Protokol kesehatan diatas wajib kita patuhi untuk mencegah penularan COVID-19 saat bersepeda di tempat publik. Selain mencegah penularan COVID-19, kita juga bisa bersepeda dengan tenang di tempat publik.  

Sumber: Covid.go.id

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.