The Karyadi Library dan Rumah Baca Arkaraka, Perpustakaan Alternatif di Blitar

0
128
Ilustrasi perpustakan alternatif. Sumber: Dok. Istimewa
Ilustrasi perpustakan alternatif. Sumber: Dok. Istimewa

Info Blitar – “Kalau kita membaca buku yang sama dengan yang dibaca orang lain, kita cuma bisa berpikir seperti orang lain,” salah satu kutipan yang terkenal dari Haruki Murakami. Di samping menambah wawasan, membaca buku dapat memperkaya sudut pandang kita dalam menghadapi suatu masalah.

Namun, tidak semua orang memiliki akses yang sama untuk membaca banyak buku. Sebagian orang mungkin terkendala secara ekonomi untuk membeli buku tertentu. Untungnya di Blitar sudah ada beberapa perpustakaan umum yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum seperti Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar dan Perpustakaan SMAN 1 Talun.

Untuk menunjang kemudahan akses terhadap buku bacaan, beberapa warga Blitar tergerak hatinya membuka perpustakaan atau rumah baca di rumahnya. Berikut ini terdapat 2 perpustakaan alternatif yang mungkin lokasinya tidak jauh dari rumah kamu.

The Karyadi Library

Perpustakaan rumahan ini berlokasi di komplek Perumahan Beru Permai Wlingi, Kabupaten Blitar. The Karyadi Library ini sekarang mempunyai koleksi buku sekitar 170an yang sebagian besar diterbitkan oleh penerbit indie. Sebagian dari buku-buku di perpustakaan ini belum tentu tersedia di perpustakaan langganan kamu.

“Kenapa harus pinjam buku di The Karyadi Library? Sebab buku-buku yang ada di sini belum tentu ada di perpustakaan lain,” jelas Annas, pendiri sekaligus pustakawan The Karyadi Library.

Siapapun bisa meminjam koleksi buku The Karyadi Library, tapi ada ketentuannya yakni harus terdaftar sebagai anggota perpustakaan dengan berdonasi minimal Rp 10.000,-. Bila ingin berdonasi buku pun bisa, minimal satu buah buku.

Buku yang dipinjam maksimal dua buku setiap peminjaman dengan durasi maksimal empat belas hari atau dua minggu. Apabila ingin pinjam koleksi buku mereka, silakan DM @thekaryadilibrary via instagram. Perpustakaan buka setiap hari Selasa sampai dengan Sabtu mulai pukul 12.30 – 17.00 WIB.

Rumah Baca Arkaraka

Sementara The Karyadi Library menawarkan koleksi buku-buku indie, Rumah Baca Arkaraka ini memiliki koleksi buku bermacam-macam seperti buku bacaan untuk anak-anak, komik, novel, buku resep masakan, buku tentang kesehatan, ekonomi, dan bermacam-macam majalah.

Rumah Baca Arkaraka ini berlokasi di Desa Kemloko tepatnya di Jalan Abadi RT 01 RW 07, Desa Kemloko, Kec. Nglegok Kab. Blitar. Siapapun bisa berkunjung ke Rumah Baca Arkaraka ini untuk singgah sebentar membaca buku. Koleksi buku mereka juga boleh dipinjam.

Syarat meminjam buku cukup dengan membawa kartu identitas seperti KTP-el atau Kartu Tanda Pelajar. Durasi peminjaman maksimal tujuh hari atau satu minggu. Sekali pinjam diperbolehkan meminjam maksimal 3 buku untuk dibaca di rumah.

Sama seperti The Karyadi Library, Rumah Baca Arkaraka ini juga menerima donasi berupa buku yang sekiranya bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.