7 Wisata Dekat Stasiun Blitar

infomblitar

Kebon Rojo Blitar

Tempat Wisata Dekat Stasiun Blitar yang bisa kamu kunjungi ketika transit di Kota Blitar. Kereta api Penataran dan Kereta Api Dhoho merupakan salah satu alternatif transportasi publik murah meriah untuk mengakses Kota Blitar.

Tidak heran jika di akhir pekan banyak pengunjung dari luar kota yang datang ke Blitar naik kereta pertama dan kembali ke kotanya naik kereta terakhir.

  • Kereta api pertama sampai di Kota Blitar sekitar pukul 09.09 adalah KA Penataran Surabaya – Malang – Blitar kemudian di susul oleh Commuter Line Dhoho Surabaya – Kertosono – Blitar pukul 09.15.
  • Sedangkan kereta api terakhir yang meninggalkan Blitar sekitar pukul 16.50 KA Commuter Line Penataran Blitar – Malang Surabaya dan disusul KA Dhoho Blitar – Kertosono – Surabaya pukul 17.00 WIB.

Berikut beberapa tempat wisata dekat stasiun Blitar yang bisa kamu kunjungi ketika ingin menikmati akhir pekan di Blitar.

Taman Pecut

Taman Pecut Kota Blitar, Wisata Dekat Stasiun Blitar
Taman Pecut Kota Blitar. Foto Rinov Saputra

Merupakan taman kota yang belum lama berdiri dengan ikon tangan memegang pecut raksasa. Bisa diakses dengan jalan kaki sekitar 500 meter dari Stasiun Blitar. Tidak ada tiket masuk untuk menikmati kawasan ini.

Hal yang menarik dari Taman Percut adalah air mancur bergoyang dengan kombinasi cantik dari lighting. Oleh karena itu waktu paling baik untuk menikmati taman ini adalah malam minggu.

Alun Alun Blitar

Pohon Beringin Alun Alun Blitar
Pohon Beringin Alun Alun Blitar

Alun Alun Kota Blitar termasuk salah satu alun-alun paling luas se Karisidenan Kediri. Memiliki luas sekitar 2 hektar, alun-alun ini dikelilingi oleh pepohonan beringin yang besar-besar. Pohon ini menjadi rumah dari berbagai macam burung, jadi harap waspada apabila berteduh di bawah pohon beringin karena rawan ada ‘bom’.

Aktivitas permainan anak-anak juga bisa dilakukan di dalam alun-alun Blitar ini. Mulai berkendara naik mobil maupun motor bertenaga aki. Hingga beberapa jenis permainan.

Jogging di pagi hari sambil memanfaatkan fasilitas gym di pinggiran alun-alun merupakan aktivitas yang bisa dengan mudah ditemui di minggu pagi. Dalam waktu-waktu tertentu, acara-acara besar digelar di alun-alun kota Blitar.

Makam Bung Karno

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Untuk menuju ke Makam Bung Karno, Info Blitar sarankan para pengunjung menggunakan ojek / becak, jaraknya sekitar 2 km dari stasiun Blitar. Akan sangat melelahkan apabila berjalan kaki menuju makam bung karno.

Di Komplek Makam Bung Karno ini terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi sekaligus. Mulai dari perpustakaan nasional Bung Karno (hanya ada 3 perpustakaan nasional di Indonesia). Galeri foto dan peninggalan Bung Karno hingga Makam Bung Karno.

Tiket masuk untuk perpustakaan dan galeri Bung Karno ini gratis, sedangkan untuk masuk kawasan Makam Bung Karno dikenakan retribusi sebesar Rp3.000

Jam kunjungan ke tempat ini bisa dilakukan mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Kebon Rojo

Kebon Rojo Blitar

Kebon Rojo merupakan taman kota yang berada di Jl. Diponegoro Kota Blitar. Sebuah taman kota dengan berbagai flora dan fauna yang cocok untuk tempat rekreasi keluarga.

Terdapat berbagai permainan yang ramah anak, seperti mengendarai sepeda atau mobil bertenaga aki. Patung-patung yang bisa bergerak hingga flying fox (khusus di akhir pekan)

Terdapat aneka penjual makanan dengan harga yang terjangkau. Pengunjung tidak perlu membayar untuk masuk kawasan kebon rojo Kota Blitar ini. Apabila membawa kendaraan pribadi, hanya perlu membayar parkir saja.

Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Khusus hari Jum’at, Kebon Rojo ini tutup.

Istana Gebang

Istana Gebang Blitar
Istana Gebang Blitar – Foto Jelajah Blitar

Istana Gebang merupakan rumah masa kecil dari Bung Karno yang berisi berbagai peninggalan Bung Karno. Pengunjung bisa melihat kondisi kamar bung karno ketika masih muda.

Tiket masuk ke Istana Gebang Rp3.000 per orang.

Sumber Udel

Satu-satunya water park yang ada di Blitar dengan tiket Rp15.000 per orang. Lokasinya hanya sekitar 2km dari Stasiun Blitar. Berbagai wahana permainan air ada di sini.

Masjid Ar Rahman

Ibu Khofifah berpose di dalam area Masjid Ar-Rahman Kota Blitar
Ibu Khofifah berpose di dalam area Masjid Ar-Rahman Kota Blitar. Foto oleh Ibu Khofifah

Masjid Ar Rahman yang berada di dekat Stadion Supriyadi Blitar ini menjadi salah satu destinasi wisata religi favorit baru di Blitar. Lokasinya hanya beberatus meter dari Sumber Udel Waterpark.

Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Blitar?

Punya rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Blitar? Hubungi kami untuk bisa ditambahkan ke dalam list di atas.

Komentar