Berencana ke Sirah Kencong? Baca Info Penting Ini Dulu

0
818
Perkebunan Teh Sirah Kencong
Perkebunan Teh Sirah Kencong

Info Blitar – Ada apa dengan Sirah Kencong? Perkebunan teh Sirah Kencong merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Blitar lho. Kebun ini dikelola oleh Perkebunan Nusantara XII.

Akses kesana sekitar 90 menit dari Kota Blitar dengan kondisi jalan menuju kesana via Desa Tegalasri cukup bagus, jadi aman untuk dilalui roda dua maupun empat. Kebun ini berlokasi di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Kebun teh ini berada di ketinggian di atas 1000 Mdpl sehingga hawanya sangat sejuk.

Jangan lupa untuk menyiapkan sekitar Rp 5.000,- per orang ketika memasuki area Wisata Kebun Teh Sirah Kencong. Ada biaya tambahan untuk kendaraan yang masuk. Untuk roda dua, sekitar Rp 2.000,- per kendaraan. Sedangkan untuk mobil tarifnya bisa lebih.

Tidak hanya kebun teh, kamu juga bisa hiking menuju air terjun yang jaraknya nggak sampai 2 Km dari tempat parkir. Selain itu ada juga candi yang bisa dijangkau dengan jalan kaki meski lokasinya lumayan jauh.

Tersedia banyak warung makan, salah satunya menjadi basecamp untuk pendaki yang hendak menuju puncak Gunung Buthak. Bila ingin camping ceria, ada camping area (Brak Papat dan Wukir Negoro).

Bila ingin santai di tengah tanaman teh, ada berbagai spot menarik bagi wisatawan yang ingin swafoto atau berfoto ria dengan latar belakang hamparan kebun teh.

Namun ada informasi penting nih. Tim InfoBlitar baru saja melakukan kunjungan kesana pada Minggu (23/6) kemarin, ternyata sedang ada pemangkasan tanaman teh. Pemangkasan ini dilakukan pada sebagian lahan dan dilakukan secara berkala.

Lahan tanaman teh yang dipangkas berdekatan dengan spot-spot foto di Perkebunan Teh Sirah Kencong. Proses dari pemangkasan hingga tanaman teh kembali rimbun diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan.

Perkebunan Teh Sirah Kencong
Perkebunan Teh Sirah Kencong

Area yang sedang dipangkas salah satunya terletak di samping jalan yang merupakan rute awal menuju Wukir Negoro dan Brak Papat, dan beberapa titik lain.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.