Tuesday, June 25, 2024
promo shopee
HomeWisataIstana Gebang Blitar

Istana Gebang Blitar

INFOBLITAR – Istana Gebang di Kampung Gebang, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar merupakan salah satu wisata andalan Kota Blitar. Rumah peninggalan keluarga Bung Karno ini masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Ribuan wisatawan pun datang mengunjunginya setiap minggunya.

Rumah Masa Kecil Bung Karno

Istana Gebang yang juga dikenal dengan ndalem Gebang bisa dibilang rumah masa kecil Bung Karno di Kota Blitar. Di sini Bung Karno tinggal bersama kedua orang tuanya yaitu Soekeni Sosrodihadjo dan Ida Ajoe Njoman Rai Ibunya serta kakak kandungnya Soekarmini bersama suaminya Raden Poegoeh Reksoatmodjo.

Bung Karno menghabiskan waktu libur sekolah di rumah yang juga dikenal dengan Rumah Bu Wardoyo yang merupakan nama lain dari Kakak Bung Karno.

Bangunan Istana Gebang

Bangunan di Istana Gebang menggunakan arsitektur kolonial yang masih terawat saat ini hingga menjadi satu destinasi wisata di Blitar.

Di kawasan ini terdapat sekitar 10 bangunan yaitu bangunan induk dengan 3 bagian. Bagian depan yang memiliki 2 ruangan. Ruang tengah yang memiliki 2 kamar dan ruang belakang yang terbagi menjadi 3 ruangan kamar tidur.

Ruang Paviliun yang berada di sebelah timur ruang utama memiliki 3 ruang dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Sedangkan bangunan belakang atau servis room inin memiliki denah l yang membujur dari barat ke timur yang terbagi dalam 9 ruangan. Terdiri dari ruang dapur, ruang sumur, kamar mandi, kamar pembantu rumah tangga, kamar penyimpanan alat dapur, ruang makan keluarga, kamar amndi dan kamar tidur pembantu

Balai Kesenian yang berada di sebelah barat bangunan utama sampai saat ini masih digunakan untuk berbagai macam kegiatan kesenian seperti sanggar tari. Bangunan pawonan di belakang digunakan ketika memasak dalam jumlah besar.

Ada rumah pembantu di bagian belakang, kemudian bekas kandang kuda, bekas lumbung padi dan dua rumah keluarga.

Alamat Istana Gebang

Istana Gebang berada di Jl. Sultan Agung no 59, Kelurahan Sananwetan, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Bisa juga di cek di Google Maps. Berada di kawasan perkotaan Blitar, kawasan ini mudah diakses dari Stasiun Blitar. Hanya perlu waktu sekitar 10 – 15 menit apabila ingin berjalan kaki menuju ke tempat ini. Sedangkan apabila menggunakan kendaraan bermotor hanya butuh waktu sekitar 5 menit

Tiket Masuk Istana Gebang

Tiket Istana Gebang
Tiket Istana Gebang. Foto Rina R

Istana Gebang kini dikelola oleh Pemerintah Kota Blitar, untuk tiket masuk ke kawasan ini hanya Rp3.000. Jaraknya juga sekitar 2 km dari Makam Bung Karno. Biasanya pengunjung rombongan dari PIPP akan ditawarkan untuk paket kunjungan ke Makam Bung Karno dan Istana Gebang oleh penarik becak di kawasan ini.

Komentar
RELATED ARTICLES

Most Popular