Prosedur dan Biaya Pembuatan SIM C Baru di Kota Blitar

0
616
Pembuatan SIM di Polres Blitar Kota
Pembuatan SIM di Polres Blitar Kota

Info Blitar – Ada baiknya sekarang buka dompet dan lihat masa berlaku SIM yang kamu miliki saat ini. Pastikan kalau SIM yang kamu miliki masih berlaku, pasalnya apabila ternyata SIM yang kamu miliki sudah melewati masa berlaku selain bisa ditilang ketika ada operasi pemeriksaan surat kendaraan, kamu juga harus membuat SIM baru yang bisa dibilang cukup sulit karena sim yang sudah melewati masa berlakunya tidak bisa diperpanjang lagi.

Saya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk proses pembuatan SIM C dikarenakan berulang kali gagal saat ujian praktik. Berikut prosedur, dan biaya pembuatan SIM C baru di Kota Blitar

Persayaratan dan Biaya Pembuatan SIM

Kamu hanya perlu membawa pulpen sebelum berangkat ke polres. Nggak perlu mempersiapkan berbagai macam berkas lain, karena semua persyaratan bisa kamu dapatkan di sekitar wilayah Polres Blitar Kota.

Berikut persyaratan yang harus kamu persiapkan sebelum memasuki halaman polres Blitar Kota.

  • Map dengan print out sesuai dengan pengajuan SIM beserta fotokopi KTP sebanyak 5 lembar. Bisa datang langsung ke beberapa tempat fotokopi yang berada di sekitar polres Blitar. Cukup bilang kebutuhan pembuatan SIM A / B / C/ dll baru atau perpanjangan. Harga sekitar 7ribu sudah dapat maps sekaligus fotokopian KTP sesuai dengan kebutuhan berkas yang akan kamu urus.
  • Tes Kesehatan bisa datang di sebelah barat polres belakang tempat fotokopian. Untuk lokasi tepatnya langsung bertanya ke petugas fotokopi akan ditunjukkan. Biaya untuk pembuatan surat keterangan sehat Rp.25.000. Jangan membawa surat keterangan sehat dari dokter selain yang ada di dekat polres, aku melakukannya dan ditolak. Disuruh membuat surat keterangan sehat yang direkomendasikan oleh polres.
  • Tes Psikologi bisa dilakukan di sebelah selatan polres. Lokasinya tepat berada di pinggir jalan. Biaya tes psikologi ini Rp.50.000
  • Biaya penerbitan SIM baru Rp.100.000

Total biaya Rp. 185.000 belum termasuk parkir dan jajan selama mengulang beberapa kali ujian praktik.

Prosedur Pembuatan SIM

Setelah membawa map berisi fotokopian KTP, Surat keterangan sehat dan hasil tes psikologi kamu bisa masuk ke Polres dan mulai mengambil nomor antrian di gedung depan. Tunggu nomor antrian dipanggil dan kumpulkan berkas untuk verifikasi. Setelah semua dokumen sudah lengkap, beralih ke gedung bagian pendaftaran sim yang ada di bagian belakang polres.

Masukkan berkas ke bagian pendaftaran dan tunggu panggilan untuk foto SIM. Setelah proses pengambilan foto SIM, langkah selanjutnya adalah mengikuti tes teori.

Kumpulkan berkas ke bagian tes teori dan tunggu nama dipanggil untuk tes teori dengan komputer. Setelah tes teori lolos, baru melanjutkan ke tes praktik yang ada di luar gedung.

Pada tes praktik, ada 4 jenis halangan yang harus kamu lalui. Pertama gas lurus stabil dan berhenti. Kemudian zigzag, setelah itu turn U dan paling akhir angka 8 dua putaran. Apabila gagal, kamu bisa coba minggu depan, apabila gagal lagi coba dua minggu setelah kegagalan kedua, ketika gagal lagi coba tiga minggu setelah kegagalan ketiga.

Setelah berhasil ujian praktik, bawa berkasnya ke loket BRI yang ada di bagian pengambilan nomor antrian di depan. Setelah itu kumpulkan berkas dan bukti bayar ke bagian pendaftaran di gedung belakang. Tunggu proses pencetakan SIM C baru.

Setelah proses cetak kartu SIM, kamu udah bisa pulang dengan membawa SIM C baru.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.