Zona Merah, Kabupaten Blitar Terapkan PPKM

0
754
Khofifah Indar Parawansa jumpa pers Covid 19 di Gedung Negara Grahadi
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat jumpa pers terkait Covid 19 di Gedung Negara Grahadi, Minggu (7/6/2020) malam. Sumber: Kominfo Jatim

Kabar terbaru! Kabupaten Blitar terapkan PPKM Cah! Kota Blitar enggak

Apa itu PPKM?

PPKM merupakan kependekan dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 yang semakin merajalela.

Apalagi di Kabupaten Blitar yang kasusnya semakin tinggi hingga Bupati mengeluarkan surat edaran untuk menunda pemberian izin hajatan dan kegiatan serupa yang mengumpulkan banyak orang.

Bedanya dengan PSBB?

Sekilas PPKM memang mirip dengan PSBB, namun keduanya memiliki perbedaan yang bisa kamu baca pada tabel di bawah ini cah

PPKMPSBB
Pekerja: 75% WFHPekeja: 100% WFH
Pendidikan OnlinePendidikan Online
Tempat Ibadah : 50% dari kapasitasTempat Ibadah : tutup
Perdaganan: semua toko buka dibatasi sampai jam 19.00Perdaganan: toko tertentu yang boleh buka

Kalau mau info yang lebih lengkap, bisa baca INMENDAGRI Nomor 1 Tahun 2021

Lalu Gimana Blitar?

Meski sesuai instruksi menteri dalam negeri Blitar tidak termasuk daerah yang menerapkan PPKM, namun Bu Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah meneteapkan 11 daerah di Jawa Timur juga akan menerapkan PPKM

Yaitu Kota Surabaya, Sidoarjo, resik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Lamongan, Ngawi dan Kabupaten Blitar.

Lha Kota Blitar?

Kota Blitar saat ini tidak sedang dalam zona merah yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak diterapkan PPKM. Kalau cek di laman Pemprov Jatim, Kota Blitar yang tadinya merupakan zona merah dengan risiko tinggi sekarang sudah menjadi risiko sedang. Kalau Kabupaten Blitar yang tadinya risiko sedang sekarang menjadi risiko tinggi karena lonjakan kasus yang hora umum.

Kapan Diberlakukan PPKM?

Untuk saat ini pemberlakukan PPKM akan dilaksanakan mulai tanggal 11 – 25 Januari 2021.

Apakah ada pemeriksaan di pintu-pintu masuk? Sek yo cah, Info Blitar juga sedang menunggu informasi terkait hal tersebut. Nanti kalau sudah ada infonya akan di update lagi.

Makanya, jangan lupa download aplikasi info blitar supaya bisa dapat notifikasi kalau ada update kabar terbaru seputar Blitar.

Stay safe ya cah! Patuhi protokol kesehatan kemanapun kamu pergi. Kalau bisa tetap di rumah ya di rumah aja dulu

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.
Previous articleBlitar Zona Merah, Gak Boleh Bikin Hajatan
Next articlePantauan Info Perkembangan COVID-19 di Blitar