Pantauan Info Perkembangan Kasus COVID-19 Blitar

0
101
Update Covid di Blitar
Update Covid di Blitar

Liburan tahun kemarin di rumah aja kan, cah? Iyap, bener! tempat wisata baik di Kota Blitar maupun Kabupaten Blitar ditutup menjelang libur natal dan tahun baru kemarin sampai tanggal 4 Januari 2021. Hal tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 makin meluas.

Seminggu ini kasus COVID-19 di Blitar sendiri terus mengalami peningkatan. Kabar ini jelas menjadi kabar tak baik untuk kita semua. Berikut mimin rangkum info perkembangan COVID-19 selama satu minggu ini.

Kasus COVID-19 Meningkat

Dari data yang mimin kumpulkan yakni makin banyak kasus COVID-19 di Blitar. Kabar ini jelas mengkhawatirkan sehingga beberapa kebijakan dikeluarkan secara masif untuk mencegah penyebaran ini. Seperti penutupan tempat olahraga di Kota Blitar serta penutupan tempat wisata.

Info terbaru per-3 Januari 2021 jumlah kasus COVID-19 baik Kota maupun Kabupaten Blitar mencapai angka 2000-an lebih. Total kasus COVID-19 di Blitar dihimpun dari data selama seminggu ini mencapai total 2757 kasus. Sedih banget, dengan cepat dan mudahnya virus ini menyebar.

Kabupaten Menjadi Zona Merah

Penambahan ini terjadi seminggu belakangan dengan total kasus di Kota Blitar sebanyak 682, sedangkan di Kabupaten Blitar total sebanyak 2075 kasus. Berita terbaru bahwa Kabupaten Blitar seluruhnya ditetapkan menjadi zona merah dengan jumlah kasus yang terus meningkat setip harinya.

Di balik kabar tersebut juga terdapat kabar menggembirakan bahwa di Kota Blitar pasien yang dinyatakan sembuh setiap harinya meningkat. Dari data seminggu yang telah dihimpun, total kesembuhan per-hari Minggu (03/01) mencapai 629 orang.

Total pasien yang dinyatakan sembuh per-hari minggu kemarin di Kota dan Kabupaten Blitar sebanyak 638 orang. Selanjutnya kasus konfirmasi positif yang dinyatakan meninggal sebanyak 39 orang.

Pelonjakan drastis dalam seminggu

Seperti yang telah mimin infokan di atas bahwa seluruh wilayah Kabupaten Blitar dinyatakan sebagai zona merah. Peningkatan kasus di Kabupaten Blitar meningkat drastis sejak awal tahun ini yakni per-hari Jumat (01/21) dalam sehari terjadi peningkatan sebanyak 175 kasus.

Dalam sehari saja pelonjakan mencapai 175 kasus positif, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 85 orang dan 12 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sebelum seluruh wilayah di Kabupaten Blitar dinyatakan sebagai zona merah, wilayah Panggungrejo dan Wonotirto belum dinyataan sebagai zona merah.

Info lengkap sebaran

Untuk wilayah Kota Blitar sendiri yakni Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kepanjenkidul, dan Kecamatan Sananwetan. Dari data terakhir terekam bahwa terdapat kasus positif Kecamatan Sukorejo sebanyak 217 kasus konfirmasi positif, 9 pasien dirawat, dan 18 orang dinyatakan meninggal.

Untuk wilayah Kecamatan Kepanjenkidul sebanyak 200 kasus konfirmasi positif, 3 pasien dirawat, dan 7 orang dinyatakan meninggal.

Untuk wilayah Kecamatan Sananwetan sebanyak 269 kasus konfirmasi positif dan 11 orang dinyatakan meninggal.

Untuk wilayah Kabupaten Blitar yakni wilayah hampir seluruhnya terdapat kasus penyebaran COVID-19 yang sebelumnya wilayah Wonotirto dan Panggungrejo belum terjangkit COVID-19 hingga pada awal tahun ini kedua daerah tersebut juga termasuk wilayah zona merah.

Data terakhir per-hari Jumat (01/21) terdapat penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 175 kasus. Data terakhir sampai dengan hari minggu yakni mencapai total 2075 orang dinyatakan positif.

Total sebanyak 216 pasien dirawat baik di rumah maupun rumah sakit dan 149 dinyatakan meninggal.

Semakin Mawas Diri

Penyebaran virus yang makin meningkat, harus menjadi perhatian penting untuk kita agar selalu waspada. Jika tidak ada keperluan mendesak, lebih baik tetap di rumah saja. Kalaupun terpaksa harus keluar, jangan lupa selalu memakai masker dan membawa penyanitasi tangan pribadi.

Ini menjadi satu upaya kita agar tidak banyak melakukan interaksi dengan orang. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, Cah.

Komentar
Dapatkan info terbaru seputar Blitar melalui Facebook , Instagram dan Aplikasi Android.